Main Article Content
Abstract
Jalan memiliki peranan penting dalam kehidupan diantaranya sebagai akses penghubung antar daerah serta dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat. Salah satu upaya pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan membangun Jalur Lintas Selatan Lot.6 yang berlokasi di Trenggalek – Tulungagung. Pelayanan jalan yang baik, aman, nyaman dan lancar akan terpenuhi jika lebar jalan yang cukup dan tikungan dibuat berdasarkan persyaratan geometrik jalan raya serta tebal perkerasan jalan yang baik. Tujuan dari skripsi adalah merencanakan geometrik jalan, perkerasan lentur dan mrnghitung rencana anggaran biaya. Data yang dibutuhkan peta topografi, data CBR tanah, data kelas dan fungsi jalan, data LHR dan harga satuan pekerjaan. Data tersebut akan diolah sesuai pedoman Bina Marga 1997 Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota dan pedoman Bina Marga Pt T-01-2002-B Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur. Dari hasil perencanaan geometrik didapatkan 7 tikungan SCS dan 3 tikungan SS serta 5 lengkung cembung dan 3 lengkung cekung. Perkerasan lentur didapatkan tebal perkerasan yaitu pondasi bawah 10 cm, pondasi atas 8 cm, dan tebal lapis permukaan aspal 5 cm. Rencana anggaran biaya pekerjaan galian timbunan dan perkerasan lentur adalah sebesar Rp. 60,010,343,029,00-.
Keywords
Article Details
References
- Arifianto, AK, Suhudi, Perencanaan Perkerasan Lentur Metode Bina Marga Pada Ruas Jalan Agen Polisi II Peril di Sta. 0+000 – 1+000 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.
- Aris, MNA, Simbolon, G, Setiadji, BH, Supriyono, 2015, Analis Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Beberapa Metode Bina Marga, Jurnal Karya Teknik Sipil, Volume 4, Nomor 4, Halaman 380 – 393.
- Badrujaman, A, Perencanaan Geometrik Jalan dan Anggaran Biaya Ruas Jalan Cempaka – Wanaraja Kecamatan Garut Kota, Jurnal Konstruksi Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
- Bethary, RT, Pradana, MF, Indinar, MB, 2016, Perencanaan Geometrik Jalan Alternatif Panglima – Curug, Jurnal Fondasi, Volume 5 No 4.
- Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2002, Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur.
- Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota.
- Exposto, AC, Widodo, E. Arifianto, AK. 2014, Perencanaan Lapis Teban Perkerasan Letur dan Rencana Anggaran Biaya pada Pelebaran Jalan, Tibar – Gleno Ermera (Sta. 14+080 – Sta. 19+080) Timor – Leste, Jurnal Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
- Pradani, N, Sadli, M, Fithriayuni D, 2016, Analisis Perancangan Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode PD T-01-2002-B, Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) dan Metode Nottingham pada Ruas Jalan I Gutsi Ngurah Rai Palu, Hurnal Fropil Vol 4 No. 2 Ju;I – Desember 2016.
References
Arifianto, AK, Suhudi, Perencanaan Perkerasan Lentur Metode Bina Marga Pada Ruas Jalan Agen Polisi II Peril di Sta. 0+000 – 1+000 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.
Aris, MNA, Simbolon, G, Setiadji, BH, Supriyono, 2015, Analis Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Beberapa Metode Bina Marga, Jurnal Karya Teknik Sipil, Volume 4, Nomor 4, Halaman 380 – 393.
Badrujaman, A, Perencanaan Geometrik Jalan dan Anggaran Biaya Ruas Jalan Cempaka – Wanaraja Kecamatan Garut Kota, Jurnal Konstruksi Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
Bethary, RT, Pradana, MF, Indinar, MB, 2016, Perencanaan Geometrik Jalan Alternatif Panglima – Curug, Jurnal Fondasi, Volume 5 No 4.
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2002, Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota.
Exposto, AC, Widodo, E. Arifianto, AK. 2014, Perencanaan Lapis Teban Perkerasan Letur dan Rencana Anggaran Biaya pada Pelebaran Jalan, Tibar – Gleno Ermera (Sta. 14+080 – Sta. 19+080) Timor – Leste, Jurnal Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Pradani, N, Sadli, M, Fithriayuni D, 2016, Analisis Perancangan Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode PD T-01-2002-B, Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) dan Metode Nottingham pada Ruas Jalan I Gutsi Ngurah Rai Palu, Hurnal Fropil Vol 4 No. 2 Ju;I – Desember 2016.