Main Article Content

Abstract

Jalan kolektor di Kecamatan Sampang mengalami kerusakan jalan di beberapa ruas jalannya, khususnya di ruas Jl. Imam bonjol – Jl. Raya panggung, jenis kerusakan jalan yang ditemukan kebanyakan diakibatkan oleh limpahan air dan pengaruh cuaca di daerah tersebut. Tujuan dari skripsi ini yaitu melakukan analisa kondisi kerusakan jalan, menentukan jenis penanganan, membuat metode pelaksanaan penanganan dan menghitung biaya penanganan.data yang dibutuhkan yaitu data lalu – lintas harian rata rata (LHR), data pengamatan dan pengukuran kerusakan jalan , data inventerisasi jalan, data CBR, data curah hujan, data tebal perkerasan dan HSP 2020. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi kondisi adalah berdasarkan Metode Bina Marga tahun 1990.hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian kondisi kerusakan jalan pada ruas Jl. Imam bonjol – Jl. Raya panggung adalah pemeliharaan rutin, sedangkan metode penaganan dan pelaksanaan kerusakan jalan untuk pemeliharaan rutin, menggunakan metode perbaikan standart, dan perhitungan biaya untuk penanganan kerusakannya, menggunakan analisa harga satuan pekerjaan 2020 Kab.Sampang dan diperoleh total rencana anggaran biaya (RAB) total sebesar Rp. 538,977,580.00,-

Keywords

Metode Bina Marga, Pemeliharaan Rutin, Metode Perbaikan Standart, Rencana Anggara Biaya

Article Details

References

  1. Direktorat Jenderal Bina marga. 1990, Tata cara penyusunan program pemeliharaan jalan kota. Jakarta : Direktorat Jendral Bina marga 1990.
  2. Direktorat jendral Bina Marga. 1995. Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional Dan Jalan Propinsi, Direktorat Jendral Bina Marga.
  3. Permen PUPR Nomor 28/PRT/M/2016, Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum. Jakarta : Permen PUPR.
  4. Wahyudi, Firman. 2017, “Analisa kerusakan jalan menurut metode bina marga dan PCI (pavement Condition Index) Serta alternatif penangannya”. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  5. Andriyanto, Carto. 2010, “Pemilihan Teknik Perbaikan Perkerasan Jalan Dan Biaya Penanganannya”. Universitas Sebelas Maret Surakarta.