Main Article Content

Abstract

Proyek Pembangunan RSUD Kota Depok Wilayah Timur milik PT. Brantas Abipraya, mempunyai luas bangunan sebesar 17.470 m2 dan tinggi bangunan 29,500 m². Bangunan rumah sakit terdiri dari 6 lantai dan 1 lantai bawah tanah terletak di tepi kota Depok yang padat penduduk. Sehingga mobilisasi alat berat dan material cukup sulit. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk menentukan: struktur organisasi, site layout dan site management, metode dan strategi pelaksanaan, mutu, keselamatan, kesehatan, dan lingkungan, biaya dan penjadwalan. Data yang digunakan adalah shop drawing, Rencana Kerja dan Syarat, AHSP Kota Depok tahun 2020. Kajian Keselamatan, Kesehatan, Lingkungan ditinjau berdasarkan Harzard Identification Risk Assessment and Determing Control (HIRADC). Perencanaan menghasilkan 30 personil dalam struktur organisasi, tata letak menggunakan dua gerbang masuk dan keluar di bagian utara untuk akses pekerja sedangkan di bagian selatan untuk mobilisasi alat berat, metode implementasi yang digunakan adalah metode bottom-up, kualitas sesuai dengan Standart Operasional Prosedur, keselamatan, kesehatan , dan lingkungan sesuai dengan HIRADC, dengan biaya Rp. 76.386.700.000,00 dan durasi 184 hari.

Keywords

project planning, bottom-up, biaya

Article Details

References

  1. Ervianto, Wulfram I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi) Edisi III. Yogyakarta: Andi.
  2. Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.
  3. Husen, Abrar. 2010, Manajemen Proyek. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET
  4. Imam Heryanto & Totok Triwibowo 2015. Manajemen Proyek Berbasis Tejnilogi Informasi. Jakarta: Informatika
  5. Dimyati, Hamdan dan Nurjaman Kadar, 2014, Manajemen Proyek : CV Pustaka Setia.
  6. Dipohusodo, I. Manajemen Proyek dan Konstruksi, jilid I, Edisi Pertama, Penerbit Kanisius, Yogyakarta. 1996.
  7. Mawardi Amin, Modul 3. Manajemen Konstruksi, Pusat bahan ajar dan elearning, Jakarta 2014
  8. Putra, Firmansyah.A.K. 2019. Project Planning Pada Pembangunan Struktur Gedung Olive Tower Proyek Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon Surabaya. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Politeknik Negeri Malang.
  9. Prayogo. T.P. 2017. Project Planning Pada Proyek Pembangunan Gedung Rawat Inap RS Lavalette Kota Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Politeknik Negeri Malang