Main Article Content

Abstract

Jalan memiliki peran yang besar pada ekonomi di masyarakat, oleh karena itu penentuan perbaikan jalan yang dikatakan rusak harus ditangani dengan tepat dan sesuai dengan kegunaan serta dampak jalan tersebut diamasyarakat. Apabila kondisi kerusakan jalan dibiarkan semakin parah maka berakibat pada biaya perbaikan yang semakin tinggi dan mengganggu perekonomian di wilayah tersebut. Penelitian ini dimaksudkan selain untuk mengetahui kondisi kerusakan perkerasan jalan di ruas jalan kolektor Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, ditinjau pula prioritas jalan yang perlu diperbaiki menggunakan metode Proses Hierarki Analitik lalu ditentukan alternatif penanganan yang sesuai dengan kerusakan jalan yang ditinjau. Penelitian terhadap kondisi permukaan perkerasan dilakukan dengan survei secara visual menggunakan metode PCI yaitu dengan melihat dan menganilisis jenis dan tingkat kerusakan. Hasil dari survei menunjukan nilai kondisi kerusakan rata-rata jalan kolektor Kecamatan Sananwetan dengan nilai PCI=57,91 dengan rating baik dan kerusakan terparah di Jl. Palem dengan nilai PCI=30,2 dengan rating buruk. Nilai prioritas ruas jalan dihitung menggunakan metode Analytical Hierarchy Process berdasarkan jumlah volume, tingkat kerusakan dan jumlah penduduk dengan angka prioritas tertinggi di Jl. Bali dengan nilai 28,9 %, Jl. Kenari 19,3%, Jl. Palem 18,9%, Jl.Kalimantan 18,9%, Jl. Imam Bonjol 14,9%. Alternatif penanganan kerusakan yaitu pemeliharaan rutin untuk Jl. Bali, Jl. Kenari, Jl. Kalimantan dan Jl. Imam Bonjol. Untuk pemeliharaan rekonstruksi yaitu di Jl. Palem.

Keywords

Penanganan Kerusakan; Pavement Condition Index; Analytical Hierarchy Process;

Article Details

References

  1. BPS Kota Blitar, 2019, Kecamatan Sananwetan Dalam Angka 2019, Blitar.
  2. Dewangga. R.F, 2021. Analisis Kerusakan Jalan Dan Prioritas Penanganan Ruas Jalan Kolektor Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Skripsi. Politeknik Negeri Malang. Malang.
  3. Hardiyatmo, H.C. 2015, Pemeliharaan Jalan Raya Edisi ke 2, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Orr, D.P. 2006, Pavement Maintenance, Cornel Roads Program, Ithaca, New York 14853-15701 (www.clrp.cornell.edu)
  5. Peraturan Menteri Nomor 13/Prt/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan Dan Penilikan Jalan
  6. Sari dkk, 2019. Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode PCI (Pavement Condition Index) dan Metode IRI (International Roughness Index) pada Jalan Kelas II Kabupaten Lumajang. Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan, 3:112-122
  7. Shahin, M.Y. 1994. Pavement Maintenance Management for Roads and Streets Using the Paver System. United States: US Army Corps of Engineer.
  8. Syahrir dkk., 2020. Analisis Prioritas Penanganan Jalan Kota Pinrang Dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 4:140-146