Main Article Content

Abstract

Transportasi merupakan kebutuhan manusia yang pertumbuhannya setiap tahun meningkat, sehingga kinerja operasional jalan perlu ditingkatkan keamanan dan kenyamanan. Kota malang adalaj kota yang memiliki aktivitas yangtinggi sebagai kota pelajar dan sebagai bjek wisata, sehingga menyebabkan kepadatan lalu litnas di ruas jalan tertentu. Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, jalan Tumenggung Suryo, Jalan Raden Panji Suroso merupakan jalan nasional dengan kawasan disekitarnya yaitu kawasan pemukiman, sekolah, perkantoran, pertokoan, dan rumah sakit. . Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas dan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dengan mass action plan pada ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil analisa karakteristik kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan tersebut berdasarkan fatalitas korban ringan sebanyak 30 kecelakaan, jumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan ganda 28 kendaraaan, jenis kendaraan yang terlibat 47 unit motor, tipe kecelakaan 14 tabrak depan-samping.

Keywords

karakteristik kecelakaan lalu lintas, mass actionplan, Sunandar Priyo Sudarmo Kota Malang.

Article Details

References

  1. Enggarsasi, U., & Sa'diyah, N. K., “Kajian terhadap faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dalam upaya perbaikan pencegahan kecelakaan lalu lintas,” Perspektif, 22(3), 238-247. 2017.
  2. Kepala Unit Laka Lantas Kepolisian Kota Malang, Data Kecelakaan Lalu Lintas 2018-2020. 2021.
  3. Paramita, Nabila A., "Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Pada Jalan Sunandar Priyo Sudarmo Kota Malang"
  4. Ratnaningsih, D., & Nurani, P, “. Kajian “Kecelakaan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Mayjend Sungkono Kota Malang”, Sumber, 7(9,722), 72-100. 2012.
  5. Subagyo, B. R, “Upaya DIKMAS UNIT DIKYASA dalam Mengurangi Angka Kecelakaan Lalu Lintas di kalangan Pelajar di Wilayah Hukum Polres Kudus” Indonesian Journal of Police Studies, 1(1), 353-402. 2017.
  6. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan.