Main Article Content

Abstract

Pondasi merupakan bagian bawah dari suatu konstruksi yang berfungsi untuk meneruskan beban dari bagian atas struktur ke lapisan paling bawah. Pemilihan metode pemancangan tentu saja akan mempengaruhi dampak sosial, waktu dan biaya. Oleh karena itu, dalam jurnal skripsi ini penulis melakukan penelitianyang berjudul“Analisis Ulang Perencanaan Pondasi Tiang Pancang Pada Tribun Zona15 Proyek Pembangunan Jakarta Internasional Stadium” berdasarkan analisis ulang metode pemancangan menggunakan Hydraulic Static Pile Driver (HSPD). Permasalahan penelitian yang dikembangkan dalam tujuan dari jurnal skripsi ini adalah; 1). Mengetahui perhitungan daya dukung pada pondasi tiang pancang menggunakan data N-SPT dan laboratorium; 2). Mengetahui perhitungan penurunan (settlement) pada pondasi tiang pancang; 3). Mengetahui perhitungan pembebanan portal struktur atas pada proyek Jakarta Internasional Stadium; 4). Mengetahui metode pelaksanaan pada pekerjaan pondasi tiang pancang; 5). Mengetahui durasi waktu yang diperlukan pada pekerjaan pondasi tiang pancang bedasarkan hasil analisis ulang perencanaan; 6). Mengetahui perhitungan biaya yang diperlukan pada pekerjaan pondasi tiang pancang berdasarkan hasil analisis ulang perencanaan. Metode penelitian yang digunakan adalah setelah mendapatkan data-data proyek gambar perencanaan, data N-SPT, data laboratorium, data konsolidasi dan studi literatur analisis perencanaan, selanjutnya dilakukan perhitungan pembebanan dengan software robot structural analisys, dilanjutkan dengan menghitung dimensi tiang dan analisis daya dukung tiang dengan N-SPT dan laboratorium, dilanjutkan dengan perhitungan penurunan tiang pancang, penulangan pondasi, metode pelaksanaan, analisis aspek waktu dan rencana anggaran biaya analisis ulang tribun zona 15 perencanaan pondasi. Hasil dari analisis sekaligus kesimpulan dari penelitian adalah; 1). pembebanan portal struktur atas ASD sebesar 20.730 kN dan LRFD sebesar 26.450 kN; 2). daya dukung tiang tunggal sebesar 1374,301 kN dan daya dukung tiang kelompok sebesar 6871,505 kN ; 3). penurunan pada pondasi tiang pancang sebesar 16.10 cm < 20,33 cm; 4). Metode pelaksanaan pemancanagan yang digunakan adalah HSPD; 5). Durasi waktu yang diperlukan dengan alat hspd 8 hari dan dengan alat diesel hammer 10 hari; 6). Rencana anggaran biaya perencanaan ulang pondasi tiang pancang dengan HSPD pada tribun zona 15 sebesar Rp. 2.751.000.000,00.

Keywords

Daya dukung, Penurunan, HSPD, SPT, Tiang pancang

Article Details

References

  1. B. M. Das dan S. Nagaratnam, Principles of Foundation Engineering, 2019.
  2. Yunaefi, M. Sholeh dan D. Novianto, “Modul Ajar : Rekayasa Pondasi,” Politeknik Negeri Malang, Malang, 2012.
  3. A. Dwiretnani dan A. I. Daulay, “Kinerja Alat Hydraulic Static Pile Driver (HSPD) pada Proyek Perluasan Terminal Bandara Sultan Thaha Jambi,” Siklus : Jurnal Talenta Sipil, pp. 66-81, 2019.
  4. PERMEN PUPERA RI No. 28/PRT/M/2016, “Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum,” Jakarta, 2016.
  5. KEPGUB DKI Jakarta Nomor 200 , “Standar Satuan Harga, Harga Satuan Pokok Kegiatan dan Analisis Standar Belanja pada Aplikasi Electronic Budgeting Tahun Anggaran 2020,” Jakarta, 2020.