Main Article Content

Abstract

Saluran drainase di sepanjang ruas jalan Pilang Muda – Jalan Sri Rejeki Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun terbilang minim. Kondisi saluran drainase yang ada di ruas Jalan ini banyak yang sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. terlihat dari banyaknya tanggul saluran drainase yang rusak atau hancur dan berserakan menyumbat saluran drainase yang ada sehingga dapat menyebabkan luapan air. Tujuan dari skripsi ini adalah merancang saluran drainase, mengevaluasi aspek hidrolis saluran dan bangunan drainase. Adapun data yang digunakan, antara lain: data curah hujan selama 10 tahun terakhir dari tiga stasiun hujan terdekat, peta topografi lokasi penelitian, dan harga satuan pekerjaan Kota Madiun tahun 2020. Data tersebut diolah menggunakan metode Gumbel I, uji kesesuaian dengan metode Chi-Square dan Smirnov-Kolmogorov dengan kala ulang perencanaan 5 tahun. Software Hec-Ras digunakan untuk menganalisis muka air dimensi saluran eksisting dan saluran yang sudah direncanakan. Dari hasil perhitungan diperoleh curah hujan rancangan sebesar 106,23 mm/hari; debit banjir rancangan sebesar 2,385 m³/detik; didapat 39 saluran yang tidak dapat menampung debit limpasan dari 64 saluran yang dianalisis menggunakan software Hec-Ras; Dimensi saluran drainase direncanakan dengan ukuran terkecil 0,4 m x 0,6 m dan dimensi terbesar sebesar 1,2 m x 1,4 m.

Keywords

evaluasi; saluran drainase; Hec-Ras

Article Details

References

  1. E. Widodo and D. Ningrum, “Evaluasi Sistem Jaringan Drainase Permukiman Soekarno Hatta Kota Malang dan Penanganannya,” J. Ilmu-Ilmu Tek., vol. 11, no. 3, pp. 1–9, 2015.
  2. A. Dwijaya, “Evaluasi drainase perkotaan dengan metode hecras di kota nanga bulik, lamandau propinsi kalimantan tengah,” J. Rekayasa Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 104–115, Aug. 2014.
  3. H. Hasmar, Drainase terapan. Yogyakarta: UII Press, 2011.
  4. Soemarto, Hidrologi Teknik. Jakarta: Erlangga, 1999.
  5. G. W. Brunner, HEC-RAS River Analysis System - Hydraulic Reference Manual, Version 5.0. US Army Corps of Engineers – Hydrologic Engineering Center, no. March. 2016.
  6. S. Sosrodarsono, Hidrologi Untuk Pengairan. Jakarta: Pradnya Paramita, 1999.
  7. Soewarno, Hidrologi Jilid 1 dan 2. Bandung: Nova, 1995.
  8. Suripin, Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: ANDI, 2004.