Main Article Content

Abstract

Ruas jalan Ki Ageng Gribig merupakan salah satu ruas jalan yang menjadi lokasi keluar masuknya gerbang tol di Kota Malang dan merupakan jalan utama bagi mastarakat sekitar. Pada ruas Jalan Ki Ageng Gribig terdapat dua simpang yang berdekatan dan mengakibatkan kendaraan sering berhenti pada masing-masing simpang, sehingga membuat tingkat pelayanan menurun. Maka dari itu perlu adanya koordinasi sinyal antar simpang agar meningkatkan kinerja pada kedua simpang menjadi lebih baik.
Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu kondisi geometrik pada masing-masing simpang dan kapasitas simpang pada jam puncak. Data tersebut diolah menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997.
Koordinasi sinyal ini bertujuan agar kendaraan yang melewati simpang tidak perlu lagi berhenti pada setiap simpang dan mengurangi waktu tundaan. Dari analisa koordinasi sinyal antar simpang memperoleh nilai derajat kejenuhan dari 0,57 menjadi 0,44; tundaan dari 149,06 detik menjadi 16,67 detik dan meningkatnya tingkat pelayanan dari kategori F menjadi kategori B.

Keywords

koordinasi sinyal, metode MKJI, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan

Article Details

References

  1. AASHTO. “A Policy on Geometric Design of Highwways and Streets, fourth edition”. Washington D.C. 2001
  2. Almashavira, Murtiyoso. 2021. “Analisa Koordinasi Sinyal antar Simpang pada Ruas Jalan Ki Ageng Gribig Kota Malang”. Skripsi. Malang. Politeknik Negeri Malang. [3] Badan Pusat Statistika. 2 “Kota Malang Dalam Angka 2020. 2020
  3. Direktorat Jendral Bina Marga “Manual Kapasitas Jalan Indonesia” 1997
  4. Nafis, Farrell Setyawan. 2020. “Analisa Koordinasi Sinyal Antar Simpang Pada Ruas Jalan Raden Panji Suroso Kota Malang”. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Politeknik Negeri Malang.
  5. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Nomor PM 96 Tahun 2015. Pedoman Pelaksanaan Kehiatan Manajeman Lalu Lintas. 2015
  6. Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia. Nomor 34 Tahun 2006. 2006
  7. Rachmadi, Didik. 2018 “Analisis Simpang Tak Bersinyal Pada Simpang Tiga Jl.Mayjend Sungkono – Jl.Raya Tlogowaru Kota Malang (Studi Kasus Simpang Tak Bersinyal Di Jl.Mayjend Sungkono – Jl.Raya Tlogowaru Kota Malang)”. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Muhammadiyah Malang.