Main Article Content

Abstract

Malang Raya merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur yang sedang mengalami perkembangan perekonomian dan penduduknya, dengan bertumbuhnya jumlah pendudukan dan pertumbuhan ekonomi yang pesat, maka dibutuhkan pelayanan transportasi yang menunjang bagi aktifitas masyarakat. Masalah pada ruas jalan ini adalah rendahnya tingkat pelayanan ruas jalan dan tundaan karena adanya pertemuan antara ruas jalan dengan perlintasan kereta api. Tujuan dari skripsi ini adalah mengetahui volume lalu lintas dan tingkat pelayanan jalan sebidang pada ruas jalan perusahaan raya pada jadwal kereta api melintas dan tanpa gangguan jadwal kereta api melintas, mengetahui biaya operasional kendaraan dan solusi untuk mengoptimalkan kinerja lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survey lapangan dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan untuk mendapatkan data – data yang dibutuhkan. Untuk menentukan kinerja ruas jalan digunakan metode MKJI 1997 dan tingkat pelayanan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan KM 14 Tahun 2006. Berdasarkan hasil analisis kinerja ruas jalan Perusahaan Raya memiliki kapasitas sebesar 2975,4 smp/jam dan pada sabtu 5 april sore pukul 17.00 – 18.00 menghasilkan volume lalu lintas pada kedua arah yaitu 2640,9 smp/jam, tingkat pelayanan terendah tanpa ada nya jadwal kereta api yaitu “D” dengan kecepatan terendahnya 28 km/jam, tundaan akibat penutupan palang pintu kereta api sebesar 269 detik dengan tingkat pelayanan nya “E”, biaya kemacetan sebesar Rp. 1.940.515 /jam pada kendaraan ringan dan Rp. 214.378 /jam pada kendaraan berat dan solusi yang berupa jalan layang.

Keywords

Volume Lalu Lintas, Tingkat Pelayanan, Biaya Kemacetan, Alternatif Solusi

Article Details

References

  1. Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Jakarta.
  2. Menteri Perhubungan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM 14 Tahun 2016 Tentang Manjemen Dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta.
  3. Amal, Andi Syaiful. 2003. PENGARUH PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN KERETA API TERHADAP TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN PADA JALAN RAYA MALANG - SURABAYA KM.10. Universitas Diponorogo.
  4. Cahyani, N. K. B. 2000. Studi Perhitungan Biaya Kemacetan di Pusat Kota Denpasar. Skripsi Program Studi S1 Jurusan tenik Planologi ITB.