Main Article Content

Abstract

Gedung Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah terdiri dari 6 lantai dengan luas bangunan total ±12.468 m2. Proyek pembangunan gedung ini terbilang cukup kompleks, dengan lingkup pekerjaan yang terdiri dari pekerjaan persiapan, struktur, arsitektur, MEP, lansekap, dan utilitas. Kompleksitas proyek ini memerlukan perencanaan yang tepat, sehingga pelaksanaan proyek dapat berlangsung sesuai standar mutu, waktu, biaya. Skripsi ini bertujuan untuk merencanakan struktur organisasi proyek, site instalasi dan traffic management, strategi dan metode pelaksanaan, perencanaan keselamatan konstruksi, rencana anggaran biaya, dan penjadwalan proyek. Untuk melakukan perencanaan tersebut diperlukan data-data gambar rencana proyek, Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS), serta Harga Satuan Dasar Provinsi Sulawesi Tengah. Setelah dilakukan proses perencanaan, diperoleh hasil berupa struktur organisasi proyek tipe proyek murni; site layout terdiri dari fasilitas-fasilitas penunjang pekerjaan serta memanfaatkan 2 tower crane dan traffic management direncanakan dengan 2 pintu akses; strategi pelaksanaan memakai zoning area dengan metode pelaksanaan bottom-up; Hazard Identification Risk Assesment and Risk Control (HIRARC) disusun untuk rencana keselamatan konstruksi; biaya total pekerjaan sebesar Rp. 102.652.973.476,00,- (termasuk PPn), penyelesaian pekerjaan memerlukan waktu 303 hari kalender.

Keywords

project planning; gedung kantor; traffic management; metode pelaksanaan; biaya

Article Details

References

  1. Ali, Tubagus Haedar, "Prinsip-prinsip Network Planning", Jakarta: Gramedia, 2007.
  2. Dimyati, H. dan Kadar Nurjaman, "Manajemen proyek", Bandung: CV. Pustaka Setia, 2016.
  3. Ervianto, W. I., "Manajemen Proyek Konstruksi, Revisi ed", Yogyakarta: Andi, 2005.
  4. Hansen, Seng, "Manajemen Kontrak Kontruksi: Pedoman Praktis dalam Mengelola Proyek Kontruksi", Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2017.
  5. Husen, A., "Manajemen Proyek. Revisi ed", Yogyakarta: Andi, 2010.
  6. Nurdin, Lazuardi., "Rencana Keselamatan Konstruksi di Permen PUPR No. 14/PRT/M/2020", Jakarta : A2K4-Indonesia, 2020.
  7. Widiasanti, I. & Lenggogeni, "Manajemen Konstruksi", Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.