Main Article Content

Abstract

Tesis ini berfokus pada desain ulang bangunan struktur skyscaper apartemen di Kota Surabaya, Indonesia bernama The Grand Stand Apartment yang terletak di Jl. Darmo Permai Selatan 90, Surabaya Barat, Indonesia. Tujuannya adalah untuk mempelajari perilaku struktur desain ini di bawah pemuatan dan menganalisis bagaimana pertimbangan bentuk struktural dapat mengarah pada solusi desain yang lebih baik. Komponen struktural ini dipilih karena kontribusinya yang signifikan terhadap bangunan konstruksi menggunakan Program Aplikasi Autodesk Robot Analysis Professional 2019. Beton pondasi menggunakan Tiang cap dengan precast prestressed Spun Tiang ∅60 cm yang kelas A1 berdasarkan Preststressed Concrete Spun Tiangs dari Wika Beton. Nilai-nilai ini merupakan indikasi yang jelas bahwa pertimbangan bentuk struktural dapat mengarah pada solusi yang lebih baik dan berkelanjutan.

Keywords

perencanaan ulang; struktur; gedung pencakar langit; pembuatan gedung

Article Details

References

  1. Sei Hayashi, Tomoyuki Gondo, Analysis of the construction of a reinforced-concrete free-form roof formwork and the development of a unit-construction method, Journal of Building Engineering
  2. National Standardization Agency. 2012. Earthquake Resistance Planning Procedures for Buildings and Non Buildings, SNI 03-1727-2012. Jakarta : Indonesian National Standard .
  3. National Standardization Agency. 2013. Concrete Struktur Planning Procedure for Building Building, SNI 03-2847-2013. Jakarta : Indonesian National Standard.
  4. National Standardization Agency. 2013. Minimum Load for Building Planning and Other Strukturs, SNI 03-1727-2013. Jakarta : Indonesian National Standard.
  5. Dody Purnomo, 2020. Perencanaan Ulang Struktur Gedung Apartemen Tamansari Amarta Yogyakarta.
  6. Tiang Installation Methods. 2005. School of the Buuilt Environment, Napier University, Edinburgh