Main Article Content

Abstract

Proyek Pembangunan Simpang Susun Sragen Timur merupakan simpang susun tambahan dengan nilai kontrak sebesar Rp 142.290.000.000,- dengan waktu pengerjaan yang hanya berdurasi 240 hari kalender. Dalam proses pengerjaannya diperlukan metode pelaksanaan yang dapat memudahkan suatu proses pekerjaan pembangunan jalan tol. Dengan ini kontraktor harus mempertimbangkan metode pelaksanaan mana yang cocok melihat dari segi biaya, mutu dan waktu pelaksanaan. Untuk itu dalam penyusunan project planning meliputi (1) Struktur organisasi, (2) Site layout dan traffic management, (3) Strategi dan metode pelaksanaan, (4) Rencana mutu dan K3, (5) Penjadwalan, (6) Biaya. Data-data yang diperlukan dalam penyusunan project planning, yaitu gambar proyek, rencana kerja dan syarat-syarat, daftar harga satuan upah, alat dan material. Dalam penyusunan jadwal pekerjaan menggunakan program Microsoft Project 2016 dan biaya proyek menggunakan program Microsoft Excel 2010. Hasil penyusunan diperoleh: (1) Menggunakan struktur organisasi fungsional, (2) Jalur masuk area pekerjaan terbagi menjadi 2 jalur, yaitu pada zona 1 dan zona 2, (3) Strategi dan metode pelaksanaan dilakukan dengan pembagian 2 zona, (4) Perencanaan mutu pekerjaan dengan dilakukan pengujian material di lapangan agar sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditentukan dan pengendalian kesehatan dan keselamatan kerja menggunakan HIRARC untuk analisis resiko, (5) Waktu pelaksanaan proyek dikerjakan dalam jangka waktu 172 hari, (6) dengan biaya Rp. 102.325.923.954,00.

Keywords

project planning, pembagian zona, metode pelaksanaan.

Article Details

References

  1. Setawan, Candra Wibisono. 2019. Penerapan Traffic Management di Area Dermaga Peti Kemas PT Terminal Teluk Lamong. Universitas Airlangga.
  2. Hamzah, deddy. Muhammad Firdaus. 2003. Perencanaan Biaya dengan Metode WBS pada Proyek Pembangunan Gedung Kampus D3 Ekonomi UII, Yogyakarta, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia.
  3. Kemal, Muhammad, Idris. 2019. Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Penjadwalan Proyek Pembangunan Masjid Al-Muhandis Politeknik Negeri Balikpapan.