Main Article Content

Abstract

Banyaknya penggunaan mobil pribadi dalam pemilihan moda transportasi tidak bisa dihindarkan disaat ini. Maraknya penggunaan mobil pribadi juga menjadi salah satu akibat dari menumpuknya kendaraan di jalanan dan menyebabkan kemacetan. Studi terbaru ini mengkaji tentang model biaya berdasarkan kecepatan perjalanan kendaraan mobil pribadi. Penelitian ini menggunakan metode survei menghitung jarak perjalanan, waktu, dan kecepatan rata-rata perjalanan. Hasil Model Biaya Perjalanan Mobil Pribadi diperoleh persamaan Y = 19,77X2 - 1294,6X + 25986 dengan nilai koefisien determinasi R² = 0,936 untuk Tipe Kendaraan 1500 CC dan Y = 6,1781X2 - 420,61X + 9345,4 dengan nilai koefisien determinasi R² = 0,956 untuk Tipe Kendaraan 2500 CC, dengan kata lain model regresi dikatakan baik apabila nilai R2 mendekati satu. Variabel Y menunjukkan biaya transportasi (Rupiah/km) dan variabel X menunjukkan kecepatan (km/jam). Biaya perjalanan rata-rata Tipe Kendaraan 2500 CC dengan kecepatan perjalanan 33 Km/jam sebesar Rp 5.521,09/Km, dan biaya perjalanan rata-rata Tipe Kendaraan 1500 CC dengan kecepatan perjalanan 27 Km/jam sebesar Rp 2.777,34/Km.

Keywords

model biaya, mobil pribadi, Kecepatan Perjalanan

Article Details

References

  1. Anonim,1987, Persamaan PCI (Pasific Consultant International) , PT. Pasific Consultant International.
  2. Arifin, M. Z., “Analisa Efektifitas Fasilitas Zebra Cross Pada Jalan MT. Haryono dan Jalan Gajayana”, Jurnal Rekayasa Sipil, 2007; 1(1):13-24, Malang.
  3. Burhamtoro, “Optimizing of Transportation Municipal Solid Waste at Malang City”. An Interdisciplinary Studies Seminar (ISS) in Natural Resources and Environmental Management, Graduate School, University of Brawijaya, pp.77-78, Malang, July 2012.
  4. Haikal, “Analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Studi Kasus Perjalanan Dari Kota Malang Ke Kota Batu,” Skripsi. Malang. Politeknik Negeri Malang. 2021.
  5. Republik Indonesia. 2002. Surat Keputusan Direktor Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta
  6. Sugiyanto, G., Munawar, A., Malkhamah, S., & Sutomo, H. (2011). Pengembangan Model Biaya Kemacetan bagi Pengguna Mobil Pribadi di Daerah Pusat Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Transportasi, 11(2).