Main Article Content

Abstract

Proyek Pembangunan Gedung Wing B dan Wing C Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh memiliki 5 lantai untuk gedung Wing C dan 3 lantai pembangunan lanjutan untuk Gedung Wing B yang terletak pada pusat kota Barito Utara. Tujuan dari kajian ini adalah untuk membuat Project Planing yang meliputi perencanaan struktur organisasi, Site Layout dan Traffic Management, Mutu (Quality Plan) dan Rencana K3, strategi dan metode pelaksanaan, total biaya proyek, serta penjadwalan pada Proyek Pembangunan Gedung Wing B dan Wing C RSUD Muara Teweh, Kalimantan Tengah. Rencana anggaran pelaksanaan mengacu pada AHSP Kabupaten Barito Utara tahun 2020. Perencanaan ini menghasilkan Struktur Organisasi fungsional yang dipimpin oleh seorang Project Manager . Site layout dan traffic management berdasarkan fasilitas penunjang pada proyek ini adalah Direksi Keet, Gudang Peralatan, Fabrikasi besi, Pos jaga, Washing Bay, Toilet, dan gerbang proyek, serta pengaturan lalu lintas dengan rambu-rambu. Rencana mutu dikerjakan berdasarkan penerapan SOP (Standard Operating Procedure) dan sesuai dengan RKS serta volume pekerjaan sesuai gambar kerja. Perencanaan K3 meliputi peraturan-peraturan, penyediaan fasilitas K3, penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), kegiatan K3, penyusunan struktur organisasi maupun diagram alir tanggap darurat. Pembagian zona pada pekerjaan struktur menjadi 2 bagian dengan metode bottom up diterapkan pada proyek ini dengan Rencana Anggaran Biaya sebesar Rp 45,992,619,877.

Keywords

Project Planing, bottom up, rumah sakit

Article Details

References

  1. Bawono, Septiono ‘ Pengelolaan Triple Constrains Dalam Pembangunan Masjid Waqaf’, Jurnal Taman Vokasi 3 (2), 2015.
  2. Riatayasyah, K. Y. R. I., Sugiyarto, S., & Setiono, S. (2018). Optimasi Site Layout Produksi Precast Menggunakan Metode Multi Objectives Pada Pt. Waskita Beton Precast Tbk Plant Klaten. Matriks Teknik Sipil, 6(2). Nuraisyiah, Siti. Manajemen Proyek. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
  3. Mashuri, A. (2021). Strategi Dan Metode Pekerjaan Pemancangan Tiang Pancang Proyek Dermaga Terminal Petikemas Belawan Sumatera Utara. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi Politeknik Negeri Malang, 2(2), 7-13.