Main Article Content
Abstract
Banyaknya kerusakan jalan seperti bergelombang, retak buaya, dan jalan berlubang dibeberapa titik di ruas Jalan Nasional Bulu-Tuban-Sadang menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan fungsi dari jalan tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan upaya perencanaan perkerasan kaku yang efektif dan efisien agar jalan berfungsi dengan baik dan sesuai dengan umur rencana. Pada penelitian ini tidak dilakukan survey secara langsung terhadap volume lalulintas melainkan didapat dari data sekunder yang didapat dari kementrian PUPR. Perencanaan perkerasan ini membandingkan antara kedua metode yaitu AASHTO 1993 dan Binamarga 2017. Untuk perhitungan RAB berdasarkan Permen PU nomor 28 tahun 2016. Dari hasil perhitungan metode AASHTO didapatkan hasil ketebalan plat 200 mm dengan perhitungan RAB sebesar Rp. 507.174.032.500,00 sedangkan untuk metode Binamarga 2017 didapatkan hasil ketebalan plat 285 mm dengan perhitungan RAB sebesar Rp. 652.237.731.600,00.
Keywords
Article Details
References
- AASHTO Guide for Design of Pavement Structures, 1993
- Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,
- Direktorat Jenderal Bina Marga, 2017. Manual Desain
- Perkerasan Jalan (Revisi 2017), Jakarta.
- Haskoningsih.2015. Studi Komparatif Perkerasan Kaku
- dengan Metode Bina Marga, AASHTO dan NAASRA
- Proyek Tol Pejagan-Pemalang Seksi 1.
- Malang:Politeknik Negeri Malang
- Ramadhani, Elok Cipta. 2020. Perbandingan Tebal Lapis
- Perkerasan Kaku Metode Bina Marga 2003 dan Metode
- Manual Desain Perkerasan 2017 (Bina Marga) Pada
- Tol Pandaan-Malang STA. 30+625 s/d 38+488.
- http://jos-mrk-polinema.ac.id/ . Diakses pada 6 Januari
- jam 17.16 WIB.
References
AASHTO Guide for Design of Pavement Structures, 1993
Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,
Direktorat Jenderal Bina Marga, 2017. Manual Desain
Perkerasan Jalan (Revisi 2017), Jakarta.
Haskoningsih.2015. Studi Komparatif Perkerasan Kaku
dengan Metode Bina Marga, AASHTO dan NAASRA
Proyek Tol Pejagan-Pemalang Seksi 1.
Malang:Politeknik Negeri Malang
Ramadhani, Elok Cipta. 2020. Perbandingan Tebal Lapis
Perkerasan Kaku Metode Bina Marga 2003 dan Metode
Manual Desain Perkerasan 2017 (Bina Marga) Pada
Tol Pandaan-Malang STA. 30+625 s/d 38+488.
http://jos-mrk-polinema.ac.id/ . Diakses pada 6 Januari
jam 17.16 WIB.