Main Article Content

Abstract

Bendungan Semantok merupakan salah satu bendungan yang sedang dibangun dan termasuk dalam PSN (proyek strategis nasional), Bendungan ini terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Bendungan Semantok didesain dengan tipe zonal (inti vertikal) dengan 6 zona timbunan yaitu zona inti, filter halus, filter kasar, random tanah, rip-rap, dan rock toe serta merupakan bendungan urugan yang membentang sepanjang 3.100 meter. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui nilai angka keamanan stabilitas lereng (kondisi tanpa gempa dan dengan beban gempa), mengetahui besar kapasitas debit rembesan, serta dapat mengetahui metode pelaksanaan timbunan dan rencana anggaran biaya Bendungan Semantok. Dari hasil perhitungan diperoleh kapasitas debit rembesan yang terjadi (pada program Geo-Studio SEEP/W 2012) < 1% dari rata-rata debit sungai yang masuk ke dalam waduk sehingga aman dari rembesan. Analisis faktor keamanan kelongsoran stabilitas lereng dianalisis dalam berbagai kondisi muka air dengan dan tanpa beban gempa menghasilkan nilai diatas faktor keamanan minimum. Biaya yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 11.453.860.100,00. untuk pekerjaan galian dan timbunan pada Sta.2500 Paket II Bendungan Semantok.

Keywords

Bendungan, Kelongsoran, Stabilitas Lereng, Rembesan, Metode Pelaksanaan, Biaya.

Article Details

References

  1. Tjokorda Gde Suwarsa Putra, I Nyoman Aribudiman, Gede Rico Juliawan. 2016. Analisis Stabilitas Lereng Pada Bendungan Titab. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 20, No. 1.
  2. Hardiyatmo, H.C. 2006. Penanganan Tanah Longsor Dan Erosi Edisi Pertama. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  3. Sosrodarsono, DR. Suyono. 1977. Bendungan Type Urugan. Jakarta: PT. Pradnya Paramitha.
  4. Pusat Studi Gempa Nasional. 2017. Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.
  5. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Direktorat Sungai Danau dan Waduk. Desember 2005. Pedoman Grouting untuk Bendungan. Jakarta: Direktorat Sungai Danau dan Waduk.
  6. Badan Standardisasi Nasional. 2016. SNI 8064 Metode Analisis Stabilitas Lereng Statik Bendungan Tipe Urugan. Jakarta: BSN 2016
  7. Kep Men Permukiman Dan Prasarana Wilayah. 2004. Analisis Stabilitas Bendungan Tipe Urugan Akibat Beban Gempa. Jakarta: Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah.
  8. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia No. 11/PRT/M/2013. Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.