Main Article Content

Abstract

Pembangunan Bendungan Bendo memiliki beberapa pekerjaan yang membutuhkan alat berat dalam proses pelaksanaan, seperti pada bagian Maindam yaitu pekerjaan pengangkutan dan penimbunan. Pada proses pekerjaan penimbunan material pada area yang cukup luas membutuhkan beberapa alat berat untuk menunjang efektivitas pekerjaan. Dalam penggunaan alat berat harus dianalisa agar optimal dan mencapai biaya yang paling minimum tanpa mengabaikan target waktu. Metode yang digunakan untuk mendapatkan hasil optimum menggunakan metode Dynamic Programming. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah siteplan, gambar potongan, jenis tanah, spesifikasi jenis alat berat dan harga, sert harga sewa alat berat dan upah operator. Semua data diproses untuk mendapatkan solusi optimum menggunakan metode Dynamic Programming. Hasil optimasi kombinasi alat berat setelah dioptimasi dengan metode Dynamic Programming didapatkan hasil yang termurah pada alternatif kombinasi ke – 21 dengan total biaya sebesar Rp2.939.236.799.- dengan komposisi alat berat pada pekerjaan timbunan inti 16 unit alat berat. Pada pekerjaan timbunan filter dengan 52 unit alat berat. Pada pekerjaan timbunan random dengan 24 unit alat berat. Pada pekerjaan timbunan batu dengan 21 unit alat berat, dan pada pekerjaan timbunan rip – rap dengan 8 unit alat berat.

Keywords

Alat berat, Optimasi, Kombinasi, Bendungan

Article Details

References

  1. (1) Qariatullailiyah, Indryani. 2013. Optimasi Penggunaan Alat Berat untuk Pekerjaan Pengangkutan dan Penimbunan pada Proyek Grand Island Surabaya dengan Program Linier. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 2, No. 1.
  2. (2) Huda, A.N. 2016. Optimasi Alat Berat Pada Pekerjaan Galian dan Timbunan Tanah pada Proyek Pembangunan Bendung Gerak Sembayat dengan Program Linier. Skripsi : Politeknik Negeri Malang.
  3. (3) Nikko Rozy. 2016. Pengaruh Jenis dan Susunan Armada Alat Berat Pekerjaan Tanah Terhadap Optimasi Biaya dan Waktu. JURNAL LOGIKA, Vol XVI, No 1 Maret Tahun 2016.
  4. (4) Diah Lydianingtias, Suhariyanto. 2018. Alat Berat. Malang: Polinema Press.
  5. (5) Ahmad Kholil. 2012. Alat Berat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
  6. (6) Asniko, Lubis. 2018. Analisis Optimalisasi Penggunaan Alat Berat pada Proyek Pembangunan Menara Bank Rakyat Indonesia Pekanbaru. Jurnal Teknik Volume 12, Nomor 1 April 2018
  7. (7) . Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28/PRT/M/2016 tentang Pedoman AHSP Bidang PU./
  8. (8) Rostiyanti, S. F. 2008. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.