Main Article Content

Abstract

Salah satu penyebab terhambatnya arus lalu lintas di Jalan Soekarno Hatta bagian Timur adalah putar balik arah ( u-turn ). Terdapat dua median u-turn dengan jarak yang tidak memenuhi peraturan standar u-turn pada jalan tersebut. Analisis pada skripsi ini membutuhkan dua data yakni data primer dan data sekunder. Data primer meliputi Survey pencacahan lalu lintas yang dimana menghasilkan data Volume u-turn, Jalan, Hambatan samping, Jam puncak, Panjang antrian, Lama waktu u-turn, serta Kecepatan rata-rata dan Survey geometri jalan, sedangkan data sekunder meliputi Peta jalan dan kondisi demografi Kota Malang. Hasil analisis data pada survey menghasilkan volume kendaraan putar balik arah ( u-turn ) pada jam puncak pada hari Rabu dan Kamis dimana cukup mempengaruhi kinerja arus jalan dan memberikan nilai Tingkat Pelayanan Jalan ( Level of Service ) yang berbeda-beda setiap kondisi cuaca, untuk Rabu dan Sabtu sore didapatkan nilai rata-rata sebesar 47 km/jam dimana nilai tersebut masuk kedalam kriteria tingkat pelayanan LOS E, sedangkan hari Rabu dan Sabtu pagi didapatkan nilai keepatan rata-rata sebesar 54 km/jam dimana nilai tersebut masuk kedalam kriteria tingkat pelayanan LOS D. Diperlukan adanya pemindahan pada median putar balik arah ( u-turn ) kedua yang berada tepat di tikungan depan Seven Chicken sejauh kurang lebih 15 m pada jalan lurus untuk keamanan, keselamatan dan kelancaran arus jalan.

Keywords

putar balik arah, kapasitas jalan, tingkat pelayanan jalan

Article Details

References

  1. Ali Hahsan (2003) Tesis Magister : Pengaruh Manuver Kendaraan Berbalik Arah Terhadap Arus Lalu lintas, Program STudi Magister Teknik Sipil Universitas Diponegoro Semarang
  2. Adris P. A. dan Sarwono S. A,. (2008). Pengaruh Pergerakan U – Turn ( Putaran Balik Arah ) Terhadap Kecepatan Arus Lalulintas Menerus.(115):9–22
  3. C. Jotin Khisty (2003), Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta
  4. Dharmawan, W. I., & Oktarina, D. (2013). Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kemacetan Ruas Jalan Di Perkotaan (Studi Kasus Ruas Jalan Teuku Umar Dan Jalan Za. Pagar Alam Kota Bandar Lampung)(247t).
  5. Direktorat Jenderal Bina Marga (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
  6. Edward K. Morlok Johan K. Hainim, (1985), Pengantar Teknik dan Perncanaan Transportasi, Penerbit Erlangga.
  7. GULTOM, BONA PUNGKATUA. "Pengaruh Bukaan (U-Turn) di Ruas Jalan Za. Pagar Alam Terhadap Kinerja Lalu-Lintas (Studi Kasus U-Turn Di Depan Wisma Bandar Lampung)." (2019).
  8. Kasturi (1996), Tundaan Operasional pada Fasilitas U- Turn dari Dua Lokasi di Bandung, Tesis Program Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya, Istitut Teknologi Bandung.
  9. Mardinata, L. A. (2014). Tugas Akhir Pengaruh U – Turn ( Putar Balik Arah ) Terhadap Kinerja Arus Lalu – Lintas Ruas Jalan Raden Eddy Martadinata.
  10. Poerna, Bajoe (2000), Tundaan dan Antrian Kendaraan Pada Fasilitas Berbalik Arah, Tesis Program Magister Sistem dan Teknik Transportasi, Universitas Gajah Mada.
  11. Purba, E. A. dan Harianto, J. (2014). Pengaruh Gerakan U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota.
  12. Utami, Y. T., Teddy A., dan Mayuni, S., 2017. Kajian Putar Balik ( U-Turn ) Terhadap Arus Lalu Lintas.(2): 1–14