Pengenalan APE Matematika di PAUD Terpadu Siti Hajar Kelurahan Tunggul Wulung Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.33795/jpkm.v11i1.3746Keywords:
APE, matematika, abstrak, konkretAbstract
Untuk memperoleh pemahaman tentang ide-ide matematika, siswa perlu untuk mengintegrasikan dan menghubungkan berbagai konsep dengan berbagai cara. Penggunaan alat peraga yang efektif dapat membantu siswa menghubungkan ide dan mengintegrasikan pengetahuan tersebut, sehingga siswa memperoleh pemahaman tentang konsep matematika. Siswa yang sedang belajar pada jenjang PAUD perlu mendapatkan pengetahuan penggunakan Alat Permainan atau Peraga Edukatif (APE) untuk mengenalkan suatu konsep, khususnya matematika. PAUD Terpadu Siti Hajar sebagai mitra memiliki lebih dari 100 siswa, akan tetapi memiliki APE khususnya yang menunjang pengenalan matematika sangat terbatas. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan mengenalkan matematika sejak usia dini pada siswa dalam wujud memberikan bantuan alat peraga untuk pengenalan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan asli berbahan kayu beserta bimbingan peragaan penggunaan alat peraga kepada para guru di PAUD Terpadu Siti Hajar. Diharapkan kegiatan ini akan membantu guru mengenalkan matematika kepada siswa dan menggunakan alat peraga secara dini dengan benar, sebagai upaya membantu siswa memahami konsep matematika sederhana yaitu membantu memahami konsep abstrak menjadi lebih konkret.