Pengenalan Digital Marketing Pada Wisma Gaharu Di Desa Senggreng Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.33795/jpkm.v11i1.4144Keywords:
pengabdian, wisma gaharu, digital marketingAbstract
Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk membantu Wisma Gaharu Kabupaten Malang dalam mempromosikan dan menjual bibit gaharu secara online melalui digital marketing. Wisma Gaharu merupakan gardu penangkaran dan pembibitan pohon gaharu Gyrinops Versteegii yang memiliki potensi tinggi, terutama dalam menghadapi tantangan penjualan akibat pembatasan sosial dan perubahan perilaku konsumen akibat pandemi. Dengan adanya keterbatasan akses offline, pendekatan digital marketing diusulkan untuk meningkatkan penetrasi pasar. Pendekatan ini mencakup melalui platform digital berupa Facebook untuk mempromosikan dan menjual bibit gaharu, serta pelatihan penggunaan media digital kepada pemilik Wisma Gaharu. Diharapkan bahwa langkah ini akan membantu pemilik usaha dalam beradaptasi dengan tren perdagangan yang semakin bergeser ke ranah digital online dan meningkatkan daya saing usaha pada sektor usaha yang sama. Melalui digital marketing, Wisma Gaharu dapat meraih pelanggan di dalam dan luar daerah dengan lebih efektif. Dengan adanya program ini, diharapkan penjualan bibit gaharu akan meningkat, mendukung keberlanjutan bisnis serta kontribusi terhadap pelestarian alam dan ekonomi lokal.