PENGENALAN DAN PELATIHAN PENGGUNAAN INTERNET OF THINGS PADA PESERTA DIDIK PANTI ASUHAN AL HUSNA UNTUK MENGIMBANGI PEMAHAMAN REVOLUSI INDSUTRI
DOI:
https://doi.org/10.33795/jpkm.v11i2.5144Keywords:
revolusi industri, pelatihan teknologi informasi, internet of thingsAbstract
Anak-anak yang tinggal atau hidup dalam pembinaan panti asuhan, mereka bisa dikatakan anak-anakyang tidak berdaya, karena hidup dalam serba kesederhanaan bahkan kekurangan mereka perlu diberdayakan dalam semua hal agar menjadi berdaya. termasuk dalam penguasaan teknologi informasi. Setiap individu masyarakat mutlak harus menguasai teknologi informasi seperti penggunaan komputer, laptop dan HP berbasis andoroid, oleh karena itu, di Panti Asuhan dikembangkan pelatihan teknologi informasi khsusunya tentang Internet of Things yang menjadi tren di era Industri Digtial saat ini. Adapun teori yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu teori pemberdayaan, teori pelatihan, dan teori tekonologi informasi, Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Al Husna Perum Pondok Lestari Indah, Dusun Klandungan, Landungsari, Kec. Dau, Kabupaten Malang yang menjadi subjek pengabdian adalah seluruh anak yang tinggal dipanti asuhan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui kemampuan penguasaan teknologi informasi anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan, (2) Memberikan penjelasan kepada pihak Panti Asuhan Kuncup tentang tata cara penyelenggaraan pelatihan teknologi informasi, (3) Membantu pihak Panti Asuhan menjalin kemitraan dengan lembaga atau organisasi yang bersedia bekerja sama dalam penyelenggaraan pelatihan teknologi informasi. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah pelatihan teknologi informasi mampu meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi komunikasi bagi anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan Al Husna Kabupaten Malang.