PENGARUH BERBAGAI MACAM PACKING KOLOM TERHADAP KUALITAS AIR KEBUTUHAN BOILER (STUDI KASUS PADA ALAT ION EXCHANGER SISTEM BATCH DAN KONTINYU)

Authors

  • Zulriadi Politeknik Negeri Malang
  • Prayogo Danardono Politeknik Negeri Malang

Abstract

Pertukaran ion dapat berlangsung antara dua elektrolit atau antara suatu larutan elektrolit dengan sebuah komplek. Biasanya istilah ini mengacu kepada proses pemurnian, pemisahan, dan dekontaminasi larutan dengan penukar ion padat yang bersifat polimerik atau mineralik. Benda yang b iasa digunakann untuk melakukan pertukaran ion adalah resin penukar ion, zeolit, karbon aktif, tanah liat, dan humus tanah. Pertukaran ion merupakan reaksi dua arah dan penukar ion dapat diregenerasi atau dimuat dengan ion yang dinginkan dengan cara membasuhnya dengan kelebihan ion tersebut. Pertukaran ion melibatkan butiran butiran resin dengan permukaan yang bermuatan positif (kation) dan negatif (anion). Biasanya resin –resin tersebut memiliki pori – pori kecil untuk menambah luas permukaan kontak. Lama waktu kontak juga mempengaruhi dari hasil dari kesadahan air yang diperoleh. Maka dari itu perlu dicari waktu optimum isian kolom untuk kontak dengan air yang dimurnikan.

Downloads

Published

2020-01-01

How to Cite

Zulriadi, & Danardono , P. . (2020). PENGARUH BERBAGAI MACAM PACKING KOLOM TERHADAP KUALITAS AIR KEBUTUHAN BOILER (STUDI KASUS PADA ALAT ION EXCHANGER SISTEM BATCH DAN KONTINYU) . Jurnal Teknik Ilmu Dan Aplikasi, 1(1), 5–9. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jtia/article/view/1487