MEANINGFUL FEEDBACK DI APLIKASI QB-REC UNTUK MEMPERTAJAM PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.33795/jtia.v4i1.2792Keywords:
Meaningful Feedback, QB-Rec, Question Building, Bahasa InggrisAbstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang wajib dikembangkan dalam era globalisasi, karena dalam penerapannya bahasa Inggris dapat dijumpai dalam berbagai hal seperti pendidikan, teknologi, komunikasi, bisnis, dan lainnya. Sehingga dalam kemampuan membaca Bahasa Inggris, perlu diajarkan dan ditingkatkan kembali hingga generasi selanjutnya. QB-Rec merupakan aplikasi yang menggunakan konsep Meaningful Feedback untuk mempertajam pemahaman Bahasa Inggris, serta menggunakan Question Building yang mampu membuat pertanyaan dari bahan bacaan. Dalam aplikasinya, terdiri dari Dosen dan Mahasiswa. Dosen yang akan berperan dalam pembuatan soal beserta feedback dan mahasiswa sebagai pemberi jawaban pada soal yang diberikan oleh dosen. Eksperimen ini melibatkan dua belas mahasiswa yang berada di kampus Polinema. Dalam pengujiannya, mahasiswa melakukan pembacaan teks selama 5 menit, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pre-test sebanyak 10 pertanyaan selama 10 menit, yang akan dijawab setelah mahasiswa melakukan kegiatan membaca teks. Lalu, mahasiswa akan menggunakan aplikasi QB-Rec selama 15 menit, yang telah disediakan soal berupa paragraf dan pilihan jawaban yang berupa pertanyaan. Setelah itu, mahasiswa akan melakukan post-test selama 10 menit untuk menguji apakah mahasiswa tersebut mengalami peningkatan pemahaman bahasa Inggris terhadap aplikasi yang digunakan. Sehingga, hasil yang diperoleh berupa peningkatan pada nilai post-test dalam pengujiannya. Dengan konsep Meaningful Feedback yang diterapkan dalam aplikasi, dapat disimpulkan bahwa konsep tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris bagi mahasiswa, sehingga dapat diketahui hasil penelitian pada penerapan konsep yang digunakan dalam aplikasi tersebut.