APLIKASI PEMBELAJARAN REKONSTRUKSI ALGORITMA PSEUDOCODE DENGAN PENDEKATAN ELEMENT FILL-IN-BLANK PROBLEMS DI PEMROGRAMAN JAVA
Keywords:
Element Fill-in-Blank Problems, Java, Pseudocode, System Usability ScaleAbstract
Algoritma dasar pemrograman merupakan sebuah ilmu yang mempelajari dasar-dasar dalam memecahkan suatu masalah dalam membuat suatu program di komputer dengan urutan yang logis, serta tahapan dan kaidah yang sesuai. Namun, saat ini mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep algoritma dan melakukan analisis studi kasus. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu media pembelajaran rekonstruksi algoritma pseudocode dengan pendekatan Element Fill-in-Blank Problems di pemrograman java. Pada media pembelajaran yang dikembangkan ini berisikan studi kasus dan elemen kosong pada langkah-langkah algoritma pseudocode, dimana mahasiswa mengurutkan langkah-langkah penyelesaian dan mengisi dengan melakukan drag and drop ke elemen kosong tersebut. Berdasarkan pengujian fungsional menggunakan blackbox, didapatkan hasil dimana semua kasus uji mendapatkan hasil sesuai dengan hasil yang diharapkan yang berarti bahwa telah valid dengan tingkat validitas mencapai 100%. Selain pengujian fungsional system juga dilakukan pengujian usability. Hasil pengujian usability menggunakan SUS (System Usability Scale) diperoleh hasil 81,25 yang artinya sistem bisa diterima. Dalam hal skala penilaian, aplikasi ini memiliki nilai “B” dan termasuk kategori “Baik”. Berdasarkan hasil uji usability ini, aplikasi rekonstruksi algoritma pseudocode layak untuk digunakan dan diimplementasikan sebagai aplikasi pembelajaran.