Strategi Bauran Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada UMKM Lumpia Dapur Mamania Di Kota Malang

Authors

  • Muhammad Hilmy Fajariandi Hilmy Department of Administration Bussiness, Politeknik Negeri Malang, Indonesia.
  • Ita Rifiani Permatasari Politeknik Negeri Malang
  • Joko Samboro Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jabh.v12i1.6492

Keywords:

Strategi Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, UMKM, Lumpia Dapur Mamania

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi bauran pemasaran berdasarkan hasil analisis SWOT EFAS dan IFAS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Unit analisis data adalah pemilik dan karyawan UMKM. Kebijakan strategis yang direkomendasikan adalah strategi SO (Strength-Opportunity), hal ini menunjukkan bahwa UMKM Lumpia Dapur Mamania berada pada situasi yang menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang yang tinggi dalam menjalankan kegiatan usahanya. Lumpia Dapur Mamania harus melakukan beberapa langkah strategis diantaranya memaksimalkan penggunaan media sosial agar lebih konsisten dalam membuat konten. Mereka perlu membuat branding yang lebih kuat dan mendesain kemasan corrugated box yang lebih menarik dan informatif.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

[1]
M. H. F. Hilmy, Ita Rifiani Permatasari, and Joko Samboro, “Strategi Bauran Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada UMKM Lumpia Dapur Mamania Di Kota Malang”, jabh, vol. 12, no. 1, pp. 40–48, Jan. 2025.