Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan Ulang UI&UX Aplikasi iPusnas
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v11i3.7233Keywords:
design thinking, redesign, ipusnas, user interface, user experienceAbstract
Aplikasi iPusnas, platform perpustakaan digital dari Perpustakaan Nasional Indonesia, memiliki potensi besar dalam meningkatkan literasi digital masyarakat. Namun, tantangan pada pengalaman pengguna (UX) dan antarmuka pengguna (UI), seperti navigasi yang rumit, tampilan tidak responsif, dan kesulitan menemukan konten relevan, perlu diatasi. Penelitian ini merancang ulang ui&ux iPusnas menggunakan metode design thinking yang berpusat pada pengguna. Tahapan empathize melibatkan wawancara, survei, serta melakukan observasi untuk memahami kebutuhan pengguna dan tantangan yang mereka hadapi saat berinteraksi dengan aplikasi. Tahapan define merumuskan masalah navigasi, tampilan, dan aksesibilitas konten. Tahapan ideate menghasilkan solusi desain berdasarkan prinsip material design, meliputi pemilihan warna yang mencerminkan semangat petualangan dan rasa percaya diri, tipografi (font Poppins) yang mengutamakan keterbacaan, navigasi yang jelas dengan struktur yang mudah dipahami, dan bentuk yang ramah dengan sudut membulat. Prototype high-fidelity dikembangkan untuk memvisualisasikan dan menguji desain aplikasi secara realistis. Hasil pengujian usability menunjukkan peningkatan efektivitas dan kemudahan penggunaan aplikasi. Hasil pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) mendapatkan skor 83,5 hal ini menjunjukan bahwa metode design thinking dalam penerapan untuk proses perancangan ulang ui&ux aplikasi iPusnas telah memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan tersebut. Desain yang intuitif, responsif, dan menarik diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna, mendorong eksplorasi konten, dan memperluas akses literasi digital di Indonesia. iPusnas yang lebih user-friendly diharapkan dapat mencapai tujuannya dalam menyediakan layanan perpustakaan digital yang efektif dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat.
Downloads
References
Abimanyu, S., & Sutopo, J. (2024). Redesain User Interface Aplikasi BCA Mobile Banking Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(1), 905–912. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i1.580
Ansori, S., Hendradi, P., & Nugroho, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1072–1081. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3648
Anwar, R. R., Bachri, B. S., & Kristanto, A. (2023). Design thinking dalam Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Mencipta. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 476–487. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5458
Arisa, N. N., Fahri, M., Putera, M. I. A., & Putra, M. G. L. (2023). Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking. Teknika, 12(1), 18–26. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i1.549
Dumalang, J. M., Montolalu, C. E. J. ., & Lapihu, D. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 2(2), 41–52. https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v2i2.19
Fadzar, A., Azkiya, M. A., Annisa, N., Husaine, V., & Fadillah, A. N. (2024). RANCANGAN ULANG UI / UX WEBSITE SISTEM INFORMSI MENGGUNAKAN. 12(3).
Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi “Nugas” Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714
Fauzan, & Ati, S. (2018). Analisis Pemanfaatan Aplikasi iPusnas Berbasis Android di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 11–20. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22944
Herawan, A. R., Rokhmawati, R. I., & Akbar, M. A. (2023). Analisis dan Perancangan Ulang Desain UI & UX pada Aplikasi iPusnas dengan Penerapan Elemen Gamifikasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 2767–2776. http://j-ptiik.ub.ac.id
Lestari, I. T., Dian Permata Sari, & Rian Andrian. (2022). Redesign User Interface Aplikasi Ipusnas Berdasarkan User Experience Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(2), 120–129. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.485
Mahhendra, E. Y., Susilo, A., & Irawan, Y. (2023). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Aplikasi Amartha (Studi Kasus: Amartha Gold Investment). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20071–20079.
Nuraini, A., & Rachmawati, A. A. (2023). Perancangan User Interface Aplikasi M Parkir Universitas Widyatama Menggunakan Metode Design Thinking. JUSTINFO | Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(1), 21–33. https://doi.org/10.33197/justinfo.vol1.iss1.2023.1249
Pratama, W. S. A., & Indriyanti, A. D. (2023). Perancangan Design UI/UX E-Commerce TRINITY Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence), 04(01), 50–61.
Prayitno, E., Suprawoto, T., & Perdana, I. J. (2024). Perancangan Ulang User Interface Sistem Informasi Akademik dengan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 22(2), 51–58. https://doi.org/10.61805/fahma.v22i2.132
Putri Balkis, & Oktaviani, N. (2023). Re-Design User Interface Website PT. Gozco Menggunakan Design Thinking. Jurnal Fasilkom, 13(02), 214–224. https://doi.org/10.37859/jf.v13i02.5528
Rachman, A., & Sutopo, J. (2024). Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi Perancangan UI / UX Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi. 5(1), 757–763.
Rosiana, P. S., Voutama, A., & Ridha, A. A. (2023). Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3), 246–253. https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3048
Santoso, M. F. (2022). Implementasi Konsep dan Teknik UI/UX Dalam Rancang Bangun Layout Web dengan Figma. Jurnal Infortech, 4(2), 156–163. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech156
Setya, H., Lituhayu, T., & Ramdani, C. (2024). Redesign Compro Kodegiri Dengan Metode Design Thinking: Studi Kasus Kodegiri. Jurnal Ilmiah Sain Dan Teknologi, 2(7), 114–122.
Weni Oktavia Agus, Finanta Okmayura, Shofia Tri Wahyuni, Greghard Shawenner, Melati Angguni, & Diny Syahputri. (2024). Implementasi Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi “Resep Kita.” Jurnal Fasilkom, 14(1), 156–165. https://doi.org/10.37859/jf.v14i1.6637