Implementasi Backward Chaining untuk Mendeteksi Tingkat Stres Belajar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v11i3.7245Abstract
Stres belajar merupakan salah satu permasalahan psikologis yang umum dialami siswa, terutama di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki beban akademik dan praktik kejuruan secara bersamaan. Keterbatasan waktu dan sumber daya menyebabkan proses deteksi tingkat stres secara manual oleh guru Bimbingan Konseling (BK) menjadi tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pakar berbasis web yang mampu mendeteksi tingkat stres belajar siswa SMK secara cepat dan akurat menggunakan algoritma backward chaining. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara bersama guru BK untuk menyusun basis pengetahuan berupa gejala dan aturan inferensi. Sistem dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL, serta diuji melalui white box dan black box testing untuk memastikan keakuratan logika dan fungsionalitas sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu mengklasifikasikan lima tingkatan stres secara tepat berdasarkan input gejala siswa, serta memberikan saran penanganan sesuai tingkat stres yang terdeteksi. Sistem ini terbukti efisien dan relevan digunakan sebagai alat bantu guru BK dalam proses identifikasi awal stres belajar siswa. Penelitian ini berkontribusi pada pemanfaatan sistem pakar dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pengambilan keputusan berbasis gejala psikologis siswa. Di masa mendatang, sistem ini dapat dikembangkan lebih lanjut melalui integrasi teknologi mobile dan kecerdasan buatan berbasis data historis
Downloads
References
Ahmad, S. R., Insani, N., & Salim, M. (2024). Analysis of Cyberbullying on Social Media Using A Comparison of Naïve Bayes, Random Forest, and SVM Algorithms. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.24036/jtip.v17i1.807
Ahmad, S. R., M, S., & PNua, S. (2023). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Pemilihan Sekolah Ramah Anak. Bulletin of Information Technology (BIT), 4(2). https://doi.org/10.47065/bit.v4i2.618
Am, A. N. (2022). Sistem Pakar Kerusakan Laptop Menggunakan Metode Backward Chaining Berbasis Web. JSR : Jaringan Sistem Informasi Robotik, 6(2), 169–175. https://doi.org/10.58486/jsr.v6i2.160
Amalia, C. R. P., & Mahyuddin. (2023). Perancangan Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Tingkat Stress Belajar pada Siswa SMA dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Design Journal, 1(1), 38–54. https://doi.org/10.58477/dj.v1i1.27
Elza, A. (2022). Cara Mencegah Terjadinya Depresi. Victory Pustaka Media.
Irwansyah, I., Wiranata, A. D., Muryono, T. T., & Budiyantara, A. (2022). Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Jaringan Local Area Network (Lan) Menggunakan Metode Beckward Chaining Berbasis Web. Infotech: Journal of Technology Information, 8(2), 135–142. https://doi.org/10.37365/jti.v8i2.150
Istya, R. A., & Indra Astutik, I. R. (2023). Expert System for Mental Health Condition Detection in Generation Z Using Backward Chaining Method [Sistem Pakar Deteksi Kondisi Kesehatan Mental Pada Generasi Z Menggunakan Metode Backward Chaining]. UMSIDA Preprints Server, 3, 20–30. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/ups.1664
Istya, R. A., Indra Astutik, I. R., & Hindarto, H. (2024). Sistem Pakar Deteksi Kondisi Kesehatan Mental Pada Generasi Z Menggunakan Metode Backward Chaining. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(1), 67–78. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4283
Kholil, M. I., & Nurcahyo, G. W. (2021). Sistem Pakar Menggunakan Metode Backward Chaining dalam Mengidentifikasi Kandungan Senyawa Boraks, Formalin, Rhodamin B dan Metanil Yellow pada Makanan. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 3, 34–40. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v3i1.41
Muchlis, L., Putra, F. K., & Mudinillah, A. (2024). Designing an Expert System for Evaluating Student Stress Levels : A Novel Instrument Using Backward and Forward Chaining Methods. Al-Islah : Jurnal Pendidikan, 16, 3603–3613. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5466
Nur Sa’adah, R. (2020). Metode Penelitian R&D (Research And Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif (M. R. Aqli (ed.)). Literasi Nusantara.
Pratama, T. S., & Soebroto, A. A. (2022). Sistem Pakar untuk Deteksi Dini Tingkat Depresi Mahasiswa menggunakan Metode Support Vector Machine (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 105–112. http://j-ptiik.ub.ac.id
Rusdi, M. S. (2024). Learning Skill (I. Sa’diyah & R. Yuliwulandari (eds.); 1st ed.). Thalibul Ilmi Publishing.
Siregar, H. M. (2020). Implementasi Metode Naive Bayes Pada Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Bronkiektasis. Bulletin of Information Technology (BIT), 1(3), 6.
Sri, E., Retno Dwi, L., Evi, L., & Ilun Chairunisyah, N. (2022). GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL DAN DEPRESI PADA REMAJA. Healthcare Nursing Journal, 2(4), 429–434. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/3641/2684
Tresno, S. (2023). Mengatasi Depresi : Panduan Lengkap untuk Memahami, Mengelola, dan Menemukan Kembali Kesejahteraan Emosional (S. Tresno (ed.)). Tiram Media.
Yuwana, S., Indarti, T., & Faizin. (2023). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research & Development) Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran (UMMPress (ed.)). UMMPress. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Dan_Pengembangan_Resea/ZY3kEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0