Pengembangan Game Edukasi Platformer 2D Berbasis Web dengan Metode GDLC
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v11i3.7329Keywords:
Game Edukasi, Platformer, GDLC, webAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi berbasis web dengan genre platformer sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Informatika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa serta kebutuhan akan media pembelajaran yang menarik, kontekstual, dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Pengembangan game dilakukan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang mencakup tahapan Inisiasi, Pra-produksi, Produksi, Pengujian, dan Pasca-produksi. Game dikembangkan dalam format permainan platformer 2D berbasis web dengan integrasi materi edukatif mengenai Informatika. Uji kelayakan dilakukan melalui pengujian alpha dan beta testing. Pengujian alpha menggunakan metode black box dengan hasil valid yang menunjukkan bahwa tidak ada lagi bug pada game dan semua fungsional sudah berjalan dengan baik. Pada beta release pengujian terhadap pengguna game, yang terdiri dari validasi ahli materi dan media dengan hasil rata-rata 83,68% dengan kategori Sangat Valid. Sedangkan pengujian praktikalitas guru memperoleh hasil rata-rata 91,44% dengan kategori Sangat Praktis, kemudian pengujian praktikalitas siswa memperoleh rata-rata 83,81% dengan kategori Sangat Praktis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game edukasi ini sangat layak digunakan pada mata pelajaran Informatika. Dengan demikian game ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif di Sekolah Menengah Kejuruan.
Downloads
References
Ayu, M. P., & Kurniawan, D. (2022). Pengujian perangkat lunak menggunakan metode black box testing pada aplikasi edukasi berbasis web. Jurnal Teknologi dan Informatika, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/jti.v8i1.2022
Diana, L. M., Wulandari, A. Y. R., & Nilasari, A. K. (2024). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Pada Materi Jenis Konektivitas Internet Kelas X TKJ SMKN 1 Sepulu. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 11(1), 93–100. https://doi.org/10.21107/edutic.v11i1.28152
Ella, C. G., Setiani, P. P., Sunuyeko, N., & Agustin, A. (2024). Edugame Wordwall: Media Pembelajaran Inovatif IPS Kelas 7 SMP Sunan Ampel Poncokusumo Materi Sosialisasi dalam Masyarakat. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1329–1337. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1030
Fauzy, S. R., Asriyanik, & Azzahra, F. F. (2023). Implementasi Game Development Life Cycle dalam Pembuatan Game Buana Ruh. Indexia: Informatics and Computational Intelligent Journal, 5(1), 19–34. https://doi.org/10.30587/indexia.v5i01.5215.
Febriyanto, F., Sari, R. P., & Rahmayuda, S. (2024). Implementasi Metode Game Development Life Cycle (GDLC) pada Perancangan Game Edukasi Pra Kemerdekaan Kalimantan Barat. Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi, 5(3), 611–620. https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i3.5139
Handayani, D. R. (2022). Fundamentals of game design and gameplay experience. Yogyakarta: Andi Publisher.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Informatika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Alur Tujuan Pembelajaran Informatika Fase E. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kenney. (2025). Kenney (Assets). itch.io. https://kenney-assets.itch.io
Khasanah, F. N., Untari, D. T., Nurmanto, D., Satria, B., Sukreni, T., & Perdhana, T. S. (2023). Beta testing techniques in non-functional testing of gamified learning applications for lecture learning media during the Covid-19 pandemic. Journal of Internet Services and Information Security (JISIS), 12(4), 197–203. https://doi.org/10.58346/JISIS.2022.I4.014
Lestari, N. D., Susanto, H., & Wijayanto, A. (2020). Pemanfaatan media interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi jaringan komputer. Jurnal Pendidikan Vokasi Teknologi, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.31004/jpvt.v4i1.2020
Nugroho, R. A., Fitriani, D., & Utami, S. R. (2020). Pengembangan game edukasi menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 134–141. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.2020
Prasetya, A., & Santoso, B. (2023). Game mechanics and player engagement: A study on educational games. Journal of Game Design and Development, 10(2), 115-127. https://doi.org/10.1234/jgdd.v10i2.5678
Putra, A. R., Setiawan, H., & Sari, L. A. (2021). Game edukasi sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 10(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jipt.v10i1.2021
Rahman, F., & Kurniawan, T. (2023). Tahapan Pasca Produksi dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 12(1), 45-53. https://doi.org/10.5678/jtik.v12i1.2345
Rahmawati, Y., & Cahyani, D. (2023). Efektivitas game edukasi berbasis platformer dalam pembelajaran siswa SMK. Jurnal Pendidikan Multimedia, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.21070/jpm.v5i1.2023
Siregar, H., & Wibowo, R. (2021). Desain game edukasi berbasis web untuk mendukung pembelajaran interaktif di era digital. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 9(2), 88–95. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.v9i2.2021
Syarif, M. A., Ma’arif, R., & Wijianto, F. (2022). Perancangan Game Puzzle Labirin Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Berbasis Unreal Engine. Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, 3(1), 34–41.