Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Laksa Menggunakan Framework ITIL V.3

Authors

  • Nabillagrace Hildaramadhan Esa Unggul University

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v12i1.8128

Keywords:

ITSM, maturity level, ITIL V.3, service operation

Abstract

Implementasi teknologi informasi dalam pelayanan publik menjadi elemen kunci dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang transparan, efisien, dan responsif. Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menghadirkan LAKSA (Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda) sebagai sarana masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan secara digital. Namun, dalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala seperti insiden yang berulang dan proses pemantauan yang dilakukan secara manual. Studi ini bermaksud untuk mengukur tingkat kematangan ITSM pada LAKSA menggunakan framework ITIL V.3, khususnya pada domain service operation. Metode yang dimanfaatkan untuk pengumpulan data dalam studi ini mencakup wawancara, penyebaran kuesioner, dan observasi. Tingkat kematangan diukur menggunakan maturity level. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa nilai tingkat kematangan pada masing-masing subdomain adalah: event management sebesar 2.95; incident management sebesar 3.60; problem management sebesar 2.85; request management sebesar 3.10; dan access management sebesar 3.40. Dengan demikian, rata-rata tingkat kematangan manajemen layanan LAKSA sebesar 3.18 yang masuk ke dalam kategori level 3 (defined). Adapun target yang dituju oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang yaitu berada pada level 4 (managed). Sehingga, dapat diketahui bahwa terdapat gap antara nilai yang dicapai saat ini dengan target yang dituju. Oleh karena itu, studi ini juga memberikan rekomendasi perbaikan yang diharapkan dapat membantu instansi dalam meningkatkan kualitas pengelolaan layanan LAKSA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Qorni, Q., & Sutabri, T. (2024). Analisis Manajemen Pelayanan Da’i Pemkot Palembang Pada SILTANUS Berbasis TI Menggunakan Framework ITIL V3. Journal of Information Technology Ampera, 5(1), 2774–2121. https://doi.org/10.51519/journalita.v5i1.511

Antoni, D., Herdiansyah, M. I., Akbar, M., & Sumitro, A. (2021). Pengembangan Infrastruktur Jaringan Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Palembang. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4), 1652. https://doi.org/10.30865/mib.v5i4.3318

Aulia, A. D. (2022). Aplikasi Laksa (Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda) Dalam Meningkatkan Peayanan Publik Di Kota Tangerang. Institut Pemerintahan Dalam Negeri, 1, 1–11.

Fiqri, A. M., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.122

Hastini, S., & Cholil, W. (2021). Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 79. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.955

Krismayanti, D., & Sutabri, T. (2023). Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Administrasi Mahasiswa STIPER Sriwigama Menggunakan Framewok ITIL V3 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Homepage: https://journal Analisis IT Service Management (ITSM) Pada L. Jurnal Komunikasi, Media, Dan Informatika, 1(3), 190–195. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.149

Mahardika, W. K., & Emanuel, A. W. R. (2023). Analysis of Information Technology Services Using the ITIL V.3 Framework. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 12(2), 205–211. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v12i2.1624

Nafisah, N. T., & Sutabri, T. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Politeknik Negeri Sriwijaya Menggunakan Framework ITIL V3. In Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology (Vol. 1, Issue 2, pp. 184–189). https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.147

Negara, E. S., & Nugraha, W. (2021). Analisis Layanan Ti Pada Domain Service Operation Dengan Menggunakan Framework Itil V3. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 6(2), 123–136.

Ocha Taniya Brigidta, Siti Mukaromah, & Asif Faroqi. (2024). Penyusunan Standart Operasional Prosedur Insiden Manajemen menggunakan Framework ITIL Versi 3. In Bridge : Jurnal publikasi Sistem Informasi dan Telekomunikasi (Vol. 2, Issue 2, pp. 98–108). https://doi.org/10.62951/bridge.v2i2.65

Putri, G. B., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation Pada Perusahaan CV. Cemerlang Komputer Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 162–167. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.144

Wahyuningsih, S., Huice, O. H., & Setiawan, I. (2024). Maturity Level Framework ITIL V3 dalam Mengukur Kepuasan Mahasiswa Terhadap Web Student Universitas Amikom Purwokerto. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(6).

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Nabillagrace Hildaramadhan. (2025). Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Laksa Menggunakan Framework ITIL V.3. Jurnal Informatika Polinema, 12(1), 93–101. https://doi.org/10.33795/jip.v12i1.8128