Penerapan Goal-Directed Design Sebagai Optimalisasi UX Aplikasi Pemesanan Tiket Teater
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v12i1.8602Keywords:
Goal-Directed Design, User Interface, User Experience, Teater, Pemesanan Tiket, Usability TestingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan User Experience (UX) dalam perancangan antarmuka aplikasi pemesanan tiket teater berbasis web pada Ikatan Drama Jakarta Barat sebuah organisasi teater di Jakarta Barat. Permasalahan utama yang dihadapi adalah proses pemesanan tiket yang masih manual, terdesentralisasi, serta kurang efisien, sehingga menimbulkan kendala dalam pendataan penonton, pengelolaan jadwal, maupun konfirmasi pembayaran. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan Goal-Directed Design (GDD) yang menekankan perancangan antarmuka berorientasi pada kebutuhan dan tujuan pengguna. Tahapan penelitian mencakup research, modeling, requirements, framework, refinement, dan support, yang menghasilkan rancangan prototipe aplikasi berbasis web. Implementasi antarmuka difokuskan pada sisi front-end dengan memanfaatkan HTML, CSS, dan JavaScript. Evaluasi dilakukan melalui usability testing dengan mengukur tiga aspek utama, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan tingkat efektivitas sebesar 94,4%, rata-rata efisiensi 0,0346 goals/sec, serta skor usability 84,21 berdasarkan System Usability Scale (SUS), yang termasuk dalam kategori “Excellent”. Temuan ini menunjukkan bahwa antarmuka yang dikembangkan mampu memberikan pengalaman pengguna yang optimal serta meningkatkan kepraktisan dibandingkan proses manual yang selama ini digunakan. Dengan penerapan metode GDD dapat menghasilkan rancangan antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, sekaligus membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut pada sisi back-end dan integrasi sistem pembayaran digital, sehingga aplikasi dapat diimplementasikan secara penuh dalam operasional pemesanan tiket teater di Ikatan Drama Jakarta Barat.
Downloads
References
Abiwardani, H., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2020). Evaluasi Usability Aplikasi Usaha Laundry Berbasis Web Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus: Aplikasi Smartlink Bos). 4(3), 822–829. http://j-ptiik.ub.ac.id
Adhiazni, V. (2020). Perancangan Ulang Desain User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Schoters Menggunakan Metode Goal-Directed Design. (Bachelor’s Thesis, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Agustino, Paramita, S., & Pandrianto, N. (2021). Komunikasi Ekspresi dalam Permainan Teater oleh Aktor Teater. 5(1), 42–47.
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). LITERATURE REVIEW ANALISIS DATA KUALITATIF: TAHAP PENGUMPULAN DATA. MITITA JURNAL PENELITIAN, 1(3), 34–46.
Febrianto, F., & Andhika, W. (2021). Penggunaan Metode User Persona dalam Upaya Penambahan Kebutuhan Fitur Learning Management System. Jurnal Syntax Admiration, 2(7), 1245–1256. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i7.274
Firmansyah, M. M., Sunandar, M. A., & Komara, M. A. (2023). REDESAIN UI/UX FAMI APPS MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN DAN COGNITIVE WALKTHROUGH. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 5).
Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1)(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Luthfi, M. (2023). Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Mobile E-Letter Menggunakan Metode Goal-Directed Design. (Bachelor’s Thesis, Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Pamungkas, M. G. R., Muliawati, A., & Indarso, A. O. (2021, April). Perancangan User Interface Sistem Informasi Desa Menggunakan Metode Goal-Directed Design (Studi Kasus: Desa Sukamanah). Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA) Jakarta-Indonesia.
Pane, A. F. F. (2023). Evaluasi User Interface Pada Aplikasi Ancol untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Usability Evaluation Methods. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (2023). Data Jumlah Organisasi Kesenian Menurut Kecamatan dan Bidang Kegiatan yang Dibina. Satu Data Jakarta. Retrieved October 28, 2025 https://satudata.jakarta.go.id/open-data/detail/data-jumlah-organisasi-kesenian-menurut-kecamatan-dan-bidang-kegiatan-yang-dibina
Rahma, F. N., Wahyuningtyas, T., & Widyawati, I. W. (2024). Pengaruh Pembelajaran Ekstrakurikuler Teater Terhadap Kecerdasan Kinestetik Siswa Sma. 4(12), 1237–1247.
Rifli, S. F. (2022). PERANCANGAN ULANG UI/UX APLIKASI SIMPELDESA MENGGUNAKAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN.
Sembodo, F. G., Fitriana, G. F., & Prasetyo, N. A. (2021). Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS). Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 5(2), 2548–6861. http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC
Subekti, A. T., Dewi, D. S., & Pratiwi, A. (2023). ANALISIS RISIKO AKTIVITAS LIFTING DENGAN LAUNCHER GANTRY CRANE MENGGUNAKAN METODE HIERARCHY TASK ANALYSIS (Pekerjaan Erection Girder di ADHI-SMS-WIN KSO). Bhamada Occupational Health Safety Environment Journal, 1(2), 1–7. https://ejournal.bhamada.ac.id/index.php/bohsej
Tuloli, M. S., Patalangi, R., & Takdir, R. (2022). Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS. Jambura Journal of Informatics, 4(1), 13–26. https://doi.org/10.37905/jji.v4i1.13411
Urfah, N., Oktavianna, Wahdatunnisa, R. H., & Bahtiar, A. (2021). URGENSI MEMBANGUN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SEKOLAH MENENGAH JAKARTA SELATAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN APRESIASI SASTRA. Gurindam: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2), 52. https://doi.org/10.24014/gjbs.v1i2.12939
Yohanes, O. D., Ambarwati, A., & Darujati, C. (2021). Pengembangan Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Ujian Online Menggunakan Metode Goal-Directed Design (Vol. 3, Issue 1).






