Perancangan UI/UX Aplikasi Mood Diary Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v12i1.8605Keywords:
Suasana Hati, Mood Tracker, UI/UX, Design Thinking, Effectiveness, Efficiency, SatisfactionAbstract
Suasana hati adalah keadaan perasaan menyenangkan atau tidak menyenangkan yang biasanya berlangsung selama berjam-jam atau berhari-hari, sehingga dapat mempengaruhi bagaimana seseorang bertindak atau berperilaku. Penelitian ini bertujuan untuk merancang design UI/UX aplikasi Mood Diary. Aplikasi ini merupakan sebuah platform mood tracker, yang dirancang untuk membantu pengguna mengelola suasana hati mereka serta mencegah adanya permasalahan isu kesehatan mental. Mood Diary menawarkan fitur-fitur visualisasi mood dan analisis mood, rekomendasi aktivitas, dan fitur utama lainnya. Tahap pengerjaan design UI/UX aplikasi ini, diawali dengan analisis permasalahan, tinjauan pustaka yang didapatkan berdasarakan referensi dari berbagai jurnal atau penelitian yang sudah ada sebelumnya dan pendapat para ahli. Hal selanjutnya yaitu, pengumpulan data dengan wawancara yang melibatkan 20 responden. Perancangan ini dilakukan dengan metode design thinking yang terdiri dari lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Tahap test mengukur aspek usability yang meliputi beberapa tahapan yaitu, Effectiveness, Efficiency, dan Satisfaction. Dalam aspek effectiveness, didapatkan hasil dari 20 responden dapat menyelesaikan semua task yang diberikan di setiap fitur tanpa ada kegagalan, sehingga hasil efektivitas yaitu 100%. Selanjutnya, dalam aspek efficiency didapatkan total waktu keseluruhan 2685.56 detik, dari total waktu tersebut disimpulkan bahwa tidak ada waktu yang terbuang sia-sia akibat kegagalan dalam mengerjakan task. Terakhir, untuk aspek satisfaction menggunakan kusioner SUS didapatkan skor rata-rata SUS (System usability scale) sebesar 82,5 yang berarti aplikasi sudah memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik.
Downloads
References
Alfarabi, S., & Faisal, M. (2024). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Berbasis Mobile TravelTrails Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 5(1). http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/reputasi
Anggraini, D., & Hamdani, D. (2024). Implementasi Metode Design Thinking Dalam Perancangan Prototype Sistem Pengelolaan Data Barang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 6(3), 597. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i3.1469
Ansar, W., Az-Zahra, Af., Meidynita Kadir, A., Program Studi Psikologi, R., Psikologi, F., & Negeri Makassar, U. (2024). MELATIH REGULASI EMOSI MELALUI JURNAL COGNITIVE REAPPRAISAL. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, Issue 2).
Ardito, R., Fanani, L., & Al Huda, F. (2024). Perancangan User Experience Aplikasi Learning Management System Dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: IPB Consulting) (Vol. 1, Issue 1). http://j-ptiik.ub.ac.id
Ashiddiq, M. N. (2024). PERANCANGAN UI/UX LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) APLIKASI MOBILE EDU-LEARN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3693
Asyia, A., Sinurat, G., Dianto, N., & Apsari, N. (2022). The I nfluence of Peer Groups on the Developm ent of Adolescent Self-Esteem.
Harahap, Y. R., Garno, & Heryana, N. (2023). PENERAPAN DESIGN THINKING DALAM MENGANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI RUPIAHKU STUDI KASUS (KOPERASI RATU BADIS). In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 6).
Nugroho, D., & Atmaja Satria. (2024). Potret Pemberitaan Bunuh Diri Mahasiswa pada detik.com Tahun 2023-2024. Jurnal Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, Volume 7 No 1, 1–18.
Perkins, M., & Roe, J. (2024). The use of Generative AI in qualitative analysis: Inductive thematic analysis with ChatGPT. Journal of Applied Learning and Teaching, 7(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2024.7.1.22
Pratiwi, P., & Suchahyani, N. (2024). IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING METHOD AND USABILITY TESTING IN THE DESIGN OF A SCHOLARSHIP INFORMATION SYSTEM. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(2).
Rizkiah, A., Risanty, R. D., & Mujiastuti, R. (n.d.). SISTEM PENDETEKSI DINI KESEHATAN MENTAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-17 TAHUN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-
Siregar, M., Harahap, S., & Hardinata, R. (2024). Implementasi Metode Design Thinking Dalam Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Primer Koperasi. Bulletin of Information Technology (BIT), 5(1), 24–30. https://doi.org/10.47065/bit.v5i1.1166
Wati, R., & Siswanti, S. (2025). PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) UNTUK MENINGKATKAN AKSESIBILITAS DAN PENGEMBANGAN UMKM DI SOLO RAYA. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 30(1), 92–104. https://doi.org/10.35760/ik.2025.v30i1.14275
Wulandari, K., & Voutama, A. (2023). Perancangan UI Aplikasii Konsultasi Kesehatan Mental Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Juli. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
Yulius, R., Fajri, M., Nasrullah, A., Karmila, D., Mochamad, S., & Alban, A. (2022). DESIGN THINKING: KONSEP DAN APLIKASINYA PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.






