Evaluasi User Experience terhadap Materi Kelas dan Objek E-Learning OOPedia
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v12i1.8962Abstract
Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) seringkali menimbulkan kesulitan bagi mahasiswa karena sifat materinya yang abstrak dan kompleks. Kondisi ini menunjukkan perlunya media pembelajaran interaktif yang dapat membantu pemahaman konsep dasar PBO. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi OOPedia, media pembelajaran berbasis web yang dirancang untuk mendukung materi kelas dan objek. Evaluasi dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) yang mencakup enam dimensi: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Responden penelitian ini adalah 44 mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Bisnis yang sedang menempuh mata kuliah PBO. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang terintegrasi pada OOPedia, kemudian dianalisis menggunakan perangkat UEQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OOPedia memperoleh skor positif pada semua dimensi, yaitu daya tarik (1,803, kategori Good), kejelasan (1,301, Above Average), efisiensi (1,222, Above Average), ketepatan (1,369, Above Average), stimulasi (1,710, Excellent), dan kebaruan (0,983, Above Average). Kesimpulannya, OOPedia mampu memberikan pengalaman belajar yang menarik, mudah digunakan, dan memotivasi mahasiswa dalam memahami konsep PBO. Temuan ini menunjukkan bahwa OOPedia layak dikembangkan lebih lanjut dengan penambahan fitur interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Downloads
References
Amalia, E. L., Lestari, V. A., Wijayaningrum, V. N., & Ridla, A. A. (2023). Automatic essay assessment in e-learning using winnowing algorithm. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 29(1), 572–582. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v29.i1.pp572-582
Azmi, F. S., Mat Shah, N. S., & Wan Rashid, W. E. (2024). Touch ’N Go E-Wallet: A User Experience Questionnaire (UEQ) Analysis for Improvement. In Proceedings of the 9th International Conference on Marketing and Retailing. https://doi.org/10.15405/epsbs.2024.05.57.
El Aadmi-Laamech, K., Santos, P., & Hernández-Leo, D. (2024). Leveraging user experience and learning analytics for enhanced student well-being. arXiv preprint arXiv:2412.02457. https://arxiv.org/abs/2412.02457
Irawan, F., & Tambotoh, J. J. C. (2024). Evaluasi Pengalaman Pengguna Flexible Learning Uksw Menggunakan Metode User Experience Questionnaire Pada Proses Pembelajaran. METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 8(1), 79–88. https://doi.org/10.46880/jmika.vol8no1.pp79-88
Izabal, S. V., & Aknuranda, I. (2022). The comparison of evaluation on user experience and usability of mobile banking applications using User Experience Questionnaire and System Usability Scale. Proceedings, 82(1), 87. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082087
Lailatul Qomariyah, Prita Dellia, Vella Sifa Nurhidayati, Aristya Miftahun Nur Risky, & Zidan Zam Zami. (2025). Analysis of User Satisfaction of Acces by KAI Application Using User Experience Questionnaire (UEQ) Method. Jurnal Riset Informatika, 7(3), 138–144. https://doi.org/10.34288/jri.v7i3.376
Margita, E., Sukmawati, R. A., & Adini, M. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 3(1), 55. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8404
Santoso, H. B., Schrepp, M., Hasani, L. M., Fitriansyah, R., & Setyanto, A. (2022). The use of User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) for cross-cultural UX research: Evaluating Zoom and Learn Quran Tajwid as online learning tools. Heliyon, 8(12),e11748.https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11748
Schankin, A., Budde, M., Riedel, T., & Beigl, M. (2022). Psychometric properties of the User Experience Questionnaire (UEQ). In Proceedings of the 2022 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 1–14). ACM. https://doi.org/10.1145/3491102.3502098
Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(4), 40. https://doi.org/10.9781/ijimai.2017.445
Sugiarto, T., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Purwanto, W., & Saputra, H. D. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar: Metaanalisis. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(1), 128–142. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5419
Widiasanti, I., Ramadhan, N. A., Alfarizi, M., Fairus, A. N., Oktafiani, A. W., & Thahur, D. (2023). Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1355–1370. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4939
Zijlstra, F. R. H., & Van Doorn, L. (2024). Measurement practices in user experience (UX) research: A systematic quantitative literature review. Frontiers in Computer Science, 6, 1368860.https://doi.org/10.3389/fcomp.2024.1368860






