Evaluasi User Experience terhadap Materi Kelas dan Objek E-Learning OOPedia

Authors

  • Eka Larasati Ms
  • Pramana Yoga Saputra Politeknik Negeri Malang
  • Farhan Asyam Alfitra
  • Venny Meida Hersianty
  • Atiqah Nurul Asri Politeknik Negeri Malang
  • Retno Damayanti

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v12i1.8962

Abstract

Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) seringkali menimbulkan kesulitan bagi mahasiswa karena sifat materinya yang abstrak dan kompleks. Kondisi ini menunjukkan perlunya media pembelajaran interaktif yang dapat membantu pemahaman konsep dasar PBO. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi OOPedia, media pembelajaran berbasis web yang dirancang untuk mendukung materi kelas dan objek. Evaluasi dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) yang mencakup enam dimensi: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Responden penelitian ini adalah 44 mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Bisnis yang sedang menempuh mata kuliah PBO. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang terintegrasi pada OOPedia, kemudian dianalisis menggunakan perangkat UEQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OOPedia memperoleh skor positif pada semua dimensi, yaitu daya tarik (1,803, kategori Good), kejelasan (1,301, Above Average), efisiensi (1,222, Above Average), ketepatan (1,369, Above Average), stimulasi (1,710, Excellent), dan kebaruan (0,983, Above Average). Kesimpulannya, OOPedia mampu memberikan pengalaman belajar yang menarik, mudah digunakan, dan memotivasi mahasiswa dalam memahami konsep PBO. Temuan ini menunjukkan bahwa OOPedia layak dikembangkan lebih lanjut dengan penambahan fitur interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, E. L., Lestari, V. A., Wijayaningrum, V. N., & Ridla, A. A. (2023). Automatic essay assessment in e-learning using winnowing algorithm. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 29(1), 572–582. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v29.i1.pp572-582

Azmi, F. S., Mat Shah, N. S., & Wan Rashid, W. E. (2024). Touch ’N Go E-Wallet: A User Experience Questionnaire (UEQ) Analysis for Improvement. In Proceedings of the 9th International Conference on Marketing and Retailing. https://doi.org/10.15405/epsbs.2024.05.57.

El Aadmi-Laamech, K., Santos, P., & Hernández-Leo, D. (2024). Leveraging user experience and learning analytics for enhanced student well-being. arXiv preprint arXiv:2412.02457. https://arxiv.org/abs/2412.02457

Irawan, F., & Tambotoh, J. J. C. (2024). Evaluasi Pengalaman Pengguna Flexible Learning Uksw Menggunakan Metode User Experience Questionnaire Pada Proses Pembelajaran. METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 8(1), 79–88. https://doi.org/10.46880/jmika.vol8no1.pp79-88

Izabal, S. V., & Aknuranda, I. (2022). The comparison of evaluation on user experience and usability of mobile banking applications using User Experience Questionnaire and System Usability Scale. Proceedings, 82(1), 87. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082087

Lailatul Qomariyah, Prita Dellia, Vella Sifa Nurhidayati, Aristya Miftahun Nur Risky, & Zidan Zam Zami. (2025). Analysis of User Satisfaction of Acces by KAI Application Using User Experience Questionnaire (UEQ) Method. Jurnal Riset Informatika, 7(3), 138–144. https://doi.org/10.34288/jri.v7i3.376

Margita, E., Sukmawati, R. A., & Adini, M. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 3(1), 55. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8404

Santoso, H. B., Schrepp, M., Hasani, L. M., Fitriansyah, R., & Setyanto, A. (2022). The use of User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) for cross-cultural UX research: Evaluating Zoom and Learn Quran Tajwid as online learning tools. Heliyon, 8(12),e11748.https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11748

Schankin, A., Budde, M., Riedel, T., & Beigl, M. (2022). Psychometric properties of the User Experience Questionnaire (UEQ). In Proceedings of the 2022 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 1–14). ACM. https://doi.org/10.1145/3491102.3502098

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(4), 40. https://doi.org/10.9781/ijimai.2017.445

Sugiarto, T., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Purwanto, W., & Saputra, H. D. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar: Metaanalisis. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(1), 128–142. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5419

Widiasanti, I., Ramadhan, N. A., Alfarizi, M., Fairus, A. N., Oktafiani, A. W., & Thahur, D. (2023). Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1355–1370. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4939

Zijlstra, F. R. H., & Van Doorn, L. (2024). Measurement practices in user experience (UX) research: A systematic quantitative literature review. Frontiers in Computer Science, 6, 1368860.https://doi.org/10.3389/fcomp.2024.1368860

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Larasati, E., Saputra, P. Y., Asyam Alfitra, F., Hersianty, V. M., Asri, A. N., & Damayanti, R. (2025). Evaluasi User Experience terhadap Materi Kelas dan Objek E-Learning OOPedia. Jurnal Informatika Polinema, 12(1), 153–160. https://doi.org/10.33795/jip.v12i1.8962