Main Article Content
Abstract
Proyek Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi memiliki total panjang 171,516 kilometer, meliputi tiga seksi yakni
Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Seksi pertama Probolinggo - Besuki sepanjang
46,5 km, seksi kedua Besuki - Asembagus sepanjang 59,6 km, dan seksi ketiga Asembagus - Ketapang sepanjang 66,8 km. Pada
penelitian ini akan dibahas perencanaan alternatif jalan tol Probolinggo – Banyuwangi ruas Kraksaan – Paiton STA. 6+527-
STA 22.280 yang termasuk dalam bagian Seksi I. Data yang dibutuhkan untuk pengerjaan penelitian ini adalah data teknis
jalan tol, peta topografi, data LHR, dan data CBR tanah. Proses analisis geometric jalan didasarkan pada aturan Pedoman Desain
Geometrik Jalan 2021 (PDGJ 2021) dengan alat bantu analisis menggunakan Ms. Excel 2021 dan pemodelan jalan menggunakan
program Autodesk Civil 3D 2024. Hasil analisis menunjukkan pada trase eksisting alinyemen horizontal memiliki 4 tikungan
berupa Spiral-Circle-Spiral (S-C-S) sepanjang 12.963,57km, alinyemen vertikal memiliki 4 jenis tikungan berbentuk cembung
pada setiap titik, volume timbunan sebesar 1563,62m3
Keywords
Article Details
References
- Nailil MN, G. (2018). Perencanaan Jalan Alternatif Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Kabupaten Pamekasan-
- Sumenep STA 138+900 - STA 143+900 Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 34 Tahun 2006. Tentang Jalan.
- RR ATIT, S. A. L. M. A. (2018). Perencanaan Jalan Alternatif Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Kabupaten Sampang - Pamekasan Sta 84+000 - Sta 90+600 Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER).
- Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah. Pd T-14-2003 Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen
- Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota dan Jalan Perkotaan (No. 038/TBM/1997). Direktorat Jenderal Bina Marga.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 34 Tahun 2006. Tentang Jalan.
- Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit Nova. Bandung.
- Hendarsin, Shirley L. 2000. Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.
- Miranti, T. (2021). Perencanaan Ulang Geometrik dan Perkerasan Lentur JLS Tulungagung. Malang: Politeknik Negeri Malang.
- Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 19/PRT/M/2011 Tentang Persyaratan Teknis Jalan
- Ramadhani, E. C., Subagyo, U., & Subkhan, M. F. (2020). Perbandingan Tebal Lapis Perkerasan Kaku Metode Bina Marga 2003 dan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 (Bina Marga) Pada Tol Pandaan–Malang STA. 30+625 - 38+488. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi Politeknik Negeri Malang, 1(3), 91-96.
- Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga. Pedoman Desain Geometrik Jalan (No. 13 / P / BM / 2021). Direktorat Jenderal Bina Marga.
References
Nailil MN, G. (2018). Perencanaan Jalan Alternatif Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Kabupaten Pamekasan-
Sumenep STA 138+900 - STA 143+900 Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 34 Tahun 2006. Tentang Jalan.
RR ATIT, S. A. L. M. A. (2018). Perencanaan Jalan Alternatif Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Kabupaten Sampang - Pamekasan Sta 84+000 - Sta 90+600 Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER).
Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah. Pd T-14-2003 Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen
Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota dan Jalan Perkotaan (No. 038/TBM/1997). Direktorat Jenderal Bina Marga.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 34 Tahun 2006. Tentang Jalan.
Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit Nova. Bandung.
Hendarsin, Shirley L. 2000. Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.
Miranti, T. (2021). Perencanaan Ulang Geometrik dan Perkerasan Lentur JLS Tulungagung. Malang: Politeknik Negeri Malang.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 19/PRT/M/2011 Tentang Persyaratan Teknis Jalan
Ramadhani, E. C., Subagyo, U., & Subkhan, M. F. (2020). Perbandingan Tebal Lapis Perkerasan Kaku Metode Bina Marga 2003 dan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 (Bina Marga) Pada Tol Pandaan–Malang STA. 30+625 - 38+488. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi Politeknik Negeri Malang, 1(3), 91-96.
Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga. Pedoman Desain Geometrik Jalan (No. 13 / P / BM / 2021). Direktorat Jenderal Bina Marga.