Main Article Content
Abstract
Proyek Pembangunan Jembatan Paiton 2 STA 28+604 pada Jalan Tol Probolinggo–Banyuwangi Paket 3 merupakan bagian dari program strategis nasional untuk memperkuat konektivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Timur. Jembatan ini dirancang menggunakan struktur PCI Girder dengan panjang bentang 229 meter dan tinggi mencapai 40 meter, didukung oleh lima pier utama dengan diameter tiang pancang 120 cm. Perencanaan ini bertujuan untuk meninjau keterlambatan di lapangan yang mencakup perencanaan proyek yang komprehensif seperti perencanaan work breakdown structure (WBS), struktur organisasi, site layout, manajemen lalu lintas, strategi dan metode pelaksanaan, rencana mutu, rencana keselamatan dan lingkungan (K3L), penjadwalan, serta kurva S. Hasil perencanaan menunjukkan struktur organisasi berbentuk fungsional, site layout dirancang dengan mempertimbangkan indeks keselamatan dan jarak tempuh, serta dilengkapi site plan dan fasilitas pendukung di area proyek. Sistem manajemen lalu lintas disusun berdasarkan jalur akses alat berat ke lokasi. Strategi
pelaksanaan dirancang mengikuti urutan pekerjaan dalam time table, sedangkan rencana mutu disusun berdasarkan quality plan dan metode kerja. Rencana keselamatan kerja mengacu pada pendekatan IBPRP dan prosedur tanggap darurat. Durasi pelaksanaan proyek ditetapkan selama 367 hari kalender, dengan total anggaran pelaksanaan sebesar Rp.190.479.451.183,00.
Keywords
Article Details
References
- Susanto et al. 2024. “Project Planning Proyek Konstruksi Jembatan Bandar Ngalim Kediri.” JOS-MRK. Vol. 5.
- Tambunan et al. 2022. “Perhitungan Produktivitas Alat Berat Pada Proyek Pembangnan Jalan Simpang Korpri Purwotani.” Jurnal Teknik Sipil Sendi. Vol. 3 No. 2.
- Herzanita 2019. “Penggunaan Standard WBS (Work Breakdown Structure) Pada Proyek Bangunan Gedung”. J.Infras.5(1):29-34 Program Studi Teknik Sipil Universitas Pancasila.
- Nurlia 2019. “Pengaruh Struktur Organisasi Terhadap Pengukuran Kualitas Pelayanan (Perbandingan Antara Ekspektasi /Harapan Dengan Hasil Kerja)”. Meraja Journal. Vol. 2, No. 2. STIA Al Gazali Barru.
- Setyobudi & Supani 2015. “Optimasi Site Layout pada Proyek Pembangunan Apartemen Pavilion Permata Tower 2”. ISSN: 2337-3539 Jurnal Teknik ITS. Vol. 6, No.1.
References
Susanto et al. 2024. “Project Planning Proyek Konstruksi Jembatan Bandar Ngalim Kediri.” JOS-MRK. Vol. 5.
Tambunan et al. 2022. “Perhitungan Produktivitas Alat Berat Pada Proyek Pembangnan Jalan Simpang Korpri Purwotani.” Jurnal Teknik Sipil Sendi. Vol. 3 No. 2.
Herzanita 2019. “Penggunaan Standard WBS (Work Breakdown Structure) Pada Proyek Bangunan Gedung”. J.Infras.5(1):29-34 Program Studi Teknik Sipil Universitas Pancasila.
Nurlia 2019. “Pengaruh Struktur Organisasi Terhadap Pengukuran Kualitas Pelayanan (Perbandingan Antara Ekspektasi /Harapan Dengan Hasil Kerja)”. Meraja Journal. Vol. 2, No. 2. STIA Al Gazali Barru.
Setyobudi & Supani 2015. “Optimasi Site Layout pada Proyek Pembangunan Apartemen Pavilion Permata Tower 2”. ISSN: 2337-3539 Jurnal Teknik ITS. Vol. 6, No.1.