Main Article Content
Abstract
Jembatan Kali Lekso, yang terletak di Jalan Raya Jatitengah, Kec. Selopuro, Kab. Blitar, menghubungkan Desa Mronjo dan Jatitengah yang dipisahkan oleh sungai. Struktur jembatan eksisting merupakan jembatan baja tipe Warren truss peninggalan belanda dengan panjang 100 meter dan lebar jalur lalu lintas hanya 4,5 meter, sehingga kendaraan roda empat atau lebih harus melintasi secara bergantian. Mengingat keterbatasan lebar dan usia jembatan yang sudah tua, diperlukan redesain untuk meningkatkan fungsi dan kapasitas daya dukung. Studi ini mengusulkan desain alternatif berupa struktur pelengkung cangkang beton bertulang. Desain mengacu pada Pedoman Perancangan Jembatan Pelengkung 2018 [1], SNI 1725:2016 [2] untuk standar pembebanan, serta SNI 2847:2019 [3] dan RSNI T-12-2004 [4] untuk struktur beton. Analisis struktur dilakukan menggunakan perangkat lunak STAADPro Connect Edition, dan perhitungan struktur menggunakan metode Equivalent Stress Block Whitney. Desain yang diusulkan menunjukkan bahwa jembatan direncanakan mampu menahan beban permanen, beban sementara, dan kombinasi beban. Komponen struktur meliputi: struktur cangkang lengkung tebal 0,3 m dengan tulangan D19-100 arah memanjang dan D16-200 arah melintang; dinding tepi tebal 0,3 m dengan tulangan D16-200 arah memanjang dan D16-200 arah melintang; pelat lantai kendaraan tebal 0,25 m arah memanjang menggunakan tulangan pokok D16-100 dan tulangan bagi D16-200, pada arah melintang menggunakan tulangan pokok D13-100 dan tulangan bagi D13-200. Pada struktur cangkang terjadi lendutan sebesar 36,807 mm akibat kombinasi LAYAN 4, dan pada pelat lantai kendaraan terjadi lendutan sebesar 25,975 mm akibat kombinasi LAYAN 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur cangkang mampu menahan gaya-gaya dalam akibat beban kerja. Kebutuhan volume beton pada desain jembatan ini adalah 904,51 m3.
Keywords
Article Details
References
- Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “Pedoman Perancangan jembatan pelengkung,” 2018.
- Badan Standarisasi Nasional Indonesia, “SNI 1725:2016 Pembebanan untuk jembatan,” 2016. [Online]. Available: https://www.academia.edu/41600953/sni_1725_2016_Pembebanan_untuk_jembatan
- Badan Standarisasi Nasional Indonesia, “SNI 2847 : 2019 Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung,” 2019.
- Badan Standarisasi Nasional Indonesia, “RSNI T-12-2004 Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan,” 2004.
- S. Batubara and L. Simatupang, “Perencanaan Jembatan Beton Prategang Dengan Bentang 24 Meter Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI),” J. Rekayasa Konstr. Mek. Sipil, vol. 1, no. 2, pp. 45–61, 2018, doi: 10.54367/jrkms.v1i2.280.
- L. Tristanto and I. Redrik, “Kajian Dasar Perencanaan Dan Pelaksanaan Jembatan Pelengkung Beton tes,” J. Jalan - Jemb., vol. 27, no. 2, pp. 155–166, 2020.
- O. C. Zienkiewicz, R. L. Taylor, and D. Fox, The Finite Element Method for Solid and Structural Mechanics. 2019.
- D. Chapelle and K.-J. Bathe, The Finite Element Analysis of Shells - Fundamentals. 2016.
- H. M. Christin, A. Supriyadi, and S. Sangadji, “Perencanaan Ulang Jembatan Busur Di Sungai Code Yogyakarta,” Matriks Tek. Sipil, vol. 10, no. 1, p. 60, 2022, doi: 10.20961/mateksi.v10i1.55540.
- M. Zizi, C. Chisari, and G. De Matteis, “Effect of the backfill material in the seismic response of multi-span masonry arch bridges under seismic loading,” Procedia Struct. Integr., vol. 44, no. 2022, pp. 673–680, 2022, doi: 10.1016/j.prostr.2023.01.088.
- D. V Oliveira, C. Lemos, and P. B. Lourenço, “Geometric analysis and load capacity of masonry arch bridges : a case study from Northwest Iberian Peninsula,” ISISE, Dep. Civ. Eng. Minho, Guimarães, Port., 2020.
- G. R. Liu and S. S. Quek, “The Finite element Method : A practical course,” Proc. Natl. Acad. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2015, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
- C. Whitney, “Design Of Reinforced Concrete Members Under Flexure Or Combined Flexure And Direct Compression,” ACI J. Proc., vol. 33, no. 3, pp. 483–498, 1937, doi: 10.14359/8429.
References
Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “Pedoman Perancangan jembatan pelengkung,” 2018.
Badan Standarisasi Nasional Indonesia, “SNI 1725:2016 Pembebanan untuk jembatan,” 2016. [Online]. Available: https://www.academia.edu/41600953/sni_1725_2016_Pembebanan_untuk_jembatan
Badan Standarisasi Nasional Indonesia, “SNI 2847 : 2019 Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung,” 2019.
Badan Standarisasi Nasional Indonesia, “RSNI T-12-2004 Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan,” 2004.
S. Batubara and L. Simatupang, “Perencanaan Jembatan Beton Prategang Dengan Bentang 24 Meter Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI),” J. Rekayasa Konstr. Mek. Sipil, vol. 1, no. 2, pp. 45–61, 2018, doi: 10.54367/jrkms.v1i2.280.
L. Tristanto and I. Redrik, “Kajian Dasar Perencanaan Dan Pelaksanaan Jembatan Pelengkung Beton tes,” J. Jalan - Jemb., vol. 27, no. 2, pp. 155–166, 2020.
O. C. Zienkiewicz, R. L. Taylor, and D. Fox, The Finite Element Method for Solid and Structural Mechanics. 2019.
D. Chapelle and K.-J. Bathe, The Finite Element Analysis of Shells - Fundamentals. 2016.
H. M. Christin, A. Supriyadi, and S. Sangadji, “Perencanaan Ulang Jembatan Busur Di Sungai Code Yogyakarta,” Matriks Tek. Sipil, vol. 10, no. 1, p. 60, 2022, doi: 10.20961/mateksi.v10i1.55540.
M. Zizi, C. Chisari, and G. De Matteis, “Effect of the backfill material in the seismic response of multi-span masonry arch bridges under seismic loading,” Procedia Struct. Integr., vol. 44, no. 2022, pp. 673–680, 2022, doi: 10.1016/j.prostr.2023.01.088.
D. V Oliveira, C. Lemos, and P. B. Lourenço, “Geometric analysis and load capacity of masonry arch bridges : a case study from Northwest Iberian Peninsula,” ISISE, Dep. Civ. Eng. Minho, Guimarães, Port., 2020.
G. R. Liu and S. S. Quek, “The Finite element Method : A practical course,” Proc. Natl. Acad. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2015, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
C. Whitney, “Design Of Reinforced Concrete Members Under Flexure Or Combined Flexure And Direct Compression,” ACI J. Proc., vol. 33, no. 3, pp. 483–498, 1937, doi: 10.14359/8429.