KINERJA KECEPATAN KENDARAAN PADA RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE PKJI 2014 DAN PORTABLE SPEEDGUN (Studi Kasus Jl. Soekarno - Hatta di depan Kampus Polinema Kota Malang)

Authors

  • Udi Subagyo
  • Achendri M. Kurniawan

Keywords:

tingkat pelayanan, PKJI 2014, Speed Gun, perbandingan

Abstract

Dampak pasti yang akan ditimbulkan dari peningkatan jumlah moda transportasi adalah kemacetan lalu lintas. Jalan Soekarno – Hatta di depan kampus Polinema, merupakan salah satu jalan di Kota Malang yang letaknya cukup strategis karena menghubungkan kawasan perumahan, pendidikan dan bisnis yang setiap hari selalu ramai dilalui kendaraan. Akibat volume kendaraan yang melewati jalan cukup besar dan berpengaruh besar terhadap kinerja jalan (tingkat pelayanan) yang dapat diukur berdasarkan kecepatan kendaraan yang melintasi jalan, maka diperlukan suatu metode untuk mempermudah kecepatan kendaraan. pengukuran.. Metode yang digunakan untuk mengukur kinerja (tingkat pelayanan) pada ruas tersebut adalah metode pengukuran dengan Speedgun dan PKJI 2014 dimana tujuan yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah untuk mendapatkan kinerja jalan dengan menggunakan metode PKJI 2014, yaitu kinerja segmen jalan menggunakan speed gun portabel. dan perbandingan performa jalan menggunakan metode PKJI 2014 dan speed gun portabel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kinerja ruas jalan (level of service) dengan metode PKJI2014 menghasilkan LOS (level of service) “E” dengan kecepatan kendaraan ringan 36,5 km/jam km/jam pada periode jam puncak 7,20- 8.20, Kinerja metode pengukuran speedgun menghasilkan LOS (level of service) “E” dengan kecepatan kendaraan ringan 36 km/jam km/jam pada periode jam puncak 7.20-8.20 dan hasil perbandingan kinerja dari kedua metode tersebut adalah menghasilkan LOS (level of service) “E” dimana hasil pengukuran metode PKJI 2014 menghasilkan kecepatan yang lebih besar.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Subagyo, U., & Kurniawan, A. M. (2021). KINERJA KECEPATAN KENDARAAN PADA RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE PKJI 2014 DAN PORTABLE SPEEDGUN (Studi Kasus Jl. Soekarno - Hatta di depan Kampus Polinema Kota Malang). Jurnal Prokons, 15(2), 125–131. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/PROKONS/article/view/5377