Pengaruh Jumlah Pemadatan dan Tebal Hamparan Terhadap Kinerja RCC (Roller Compacted Concrete) untuk Perkerasan Jalan Raya

Authors

  • Marjono
  • M. Sholeh
  • Udi Subagyo

Keywords:

RCC, Roller Compacted Concrete, Perkerasan jalan

Abstract

RCC (Roller Compacted Concrete) adalah salah satu hasil inovasi dalam bidang bahan bangunan, Bahan ini dibuat dari campuran antara agregat kasar, agregat halus, semen dan air dengan perbandingan tertentu yang dipadatkan dengan cara penggilasan. Bahan ini dapat digunakan untuk perkerasan jalan. RCC dipilih karena mempunyai kelebihan, salah satunya bahan ini mampu menghasilkan kuat tekan yang lebih tinggi pada umur muda, perkerasan lebih halus dibandingkan beton konvesional dan tidak licin sehingga tidak perlu dikasarkan/di-grooving. Kelebihan ini diperlukan pada pekerjaan konstruksi perkerasan jalan raya, khususnya pada ruas jalan yang segera dioperasikan atau pelaksanaanya pada musim penghujan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan variasi jumlah pemadatan 12 kali, 16 kali, 20 kali, 24 kali, 32 kali dan 40 kali, yang dilakukan pada tebal RCC 5 cm, 6 cm dan 7 cm berpengaruh signifikan terhadap kuat tekan beton, dan bentuk persamaan, untuk tebal 5 cm pada umur 28 hari : y = -0.0873x2 + 7.5459x + 158.83, untuk tebal 6 cm pada umur 28 hari : y = -0.1403x2 + 13.33x + 86.397 dan untuk tebal 7 cm pada umur 28 hari : y = -0.0456x2 + 5.2617x + 275.35.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Marjono, M. Sholeh, & Subagyo, U. (2022). Pengaruh Jumlah Pemadatan dan Tebal Hamparan Terhadap Kinerja RCC (Roller Compacted Concrete) untuk Perkerasan Jalan Raya. Jurnal Prokons, 16(1), 12–16. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/PROKONS/article/view/5380