ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PASAR SUKUN KOTA MALANG
Keywords:
Kepuasan, Masyarakat, Sarana dan Prasarana, Pasar SukunAbstract
Metode untuk mengukur tingkat kepuasan pembeli di pasar tradisional Sukun adalah metode Importance and Performance Analysis. Tujuan analisis importance – performance untuk memperoleh informasi tentang tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan melalui pengukuran tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaannya. Tingkat kepentingan dari kualitas pelayanan adalah seberapa pentingnya suatu variabel pelayanan bagi pelanggan. Data yang dibutuhkan adalah didapat melalui survei primer dengan wawancara kepada konsumen untuk mendapatkan persepsi pembeli tentang kepuasan dan kepentingan serta data sekunder berupa luas lahan pasar Sukun, jumlah pedagang serta data fasilitas eksisting. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kinerja sebesar 3,16 dan rata-rata nilai kepentingan adalah sebesar 4,34. Selanjutnya angka rata-rata kinerja dijadikan sebagai titik pembatas kuadran berdasarkan sumbu X dan nilai rata-rata kepentingan dijadikan sebagai titik pembatas kuadran berdasarkan sumbu Y.