ANALISIS PENGARUH SUDUT PULLEY DAN BERAT ROLLER TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA MOTOR MATIC MODIFIKASI 110CC

Authors

  • Aditya Bramastyo Poltek Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jmeeg.v1i1.3382

Keywords:

daya, puli, roller, torsi

Abstract

Keluhan umum dari pengguna motor transmisi otomatis standar dan yang dimodifikasi sering kali berkaitan dengan kurang responsifnya tenaga saat digunakan di lingkungan perkotaan dan saat melakukan manuver seperti menyalip kendaraan di jalan luar kota. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh variasi sudut puli dan berat roler terhadap output tenaga dan torsi skuter otomatis modifikasi berkapasitas 110cc. Metode penelitian eksperimental digunakan dengan menganalisis data performa mesin melalui pengukuran tenaga dan torsi. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam tenaga dan torsi di antara variasi sudut puli dan berat rol yang diuji. Kombinasi sudut puli 13,5° dan berat roller 10g menunjukkan kinerja terbaik, dengan mencapai 9,75 HP pada 7000 RPM untuk tenaga dan 9,93 Nm pada 7000 RPM untuk torsi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan sudut puli 13,5° dan berat roller 10g berkontribusi secara positif terhadap output tenaga dan torsi pada motor transmisi otomatis modifikasi berkapasitas 110cc.

Downloads

Published

15-05-2022

How to Cite

Bramastyo, A. (2022). ANALISIS PENGARUH SUDUT PULLEY DAN BERAT ROLLER TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA MOTOR MATIC MODIFIKASI 110CC. Jurnal Teknik Mesin, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.33795/jmeeg.v1i1.3382