DEVELOPMENT OF MONITORING TOOL SYSTEM FOR ELECTRIC VEHICLE BATTERY ENERGY BASED ON INTERNET OF THINGS

PENGEMBANGAN SISTEM ALAT MONITORING ENERGI BATERAI KENDARAAN LISTRIK BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Authors

  • Titho Bafrendy Wibowo Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/j-meeg.v3i1.3825

Keywords:

Internet of Things (IoT), Monitoring, Kendaraan Listrik

Abstract

Pengembangan sistem pemantauan Energi baterai untuk kendaraan listrik dikembangkan dengan penambahan fitur berbasis Internet of Things (IoT) dengan DC Wattmeter melalui desain web untuk memonitor nilai energi kendaraan listrik secara jarak jauh yang dapat diakses semua orang, DC Wattmeter ini sebagai pembanding keakuratan pembacaan nilai Wh pada alat pemantau energi baterai. Dalam proses pengujian, menggunakan laptop untuk memantau daya baterai dengan jarak jauh. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui desain sistem alat monitoring energi baterai kendaraan listrik berbasis Internet of Things (IoT). Tujuan lainnya yaitu mengetahui perbedaan pengukuran energi baterai antara alat monitoring tersebut dengan DC Wattmeter.

Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, yakni dengan melakukan perbandingan pembacaan nilai energi batarai antara alat monitoring dengan alat DC Wattmeter. Dalam membuktikan kinerja alat monitoring saat melakukan pengukuran energi baterai, dilakukanlah pengujian pada kendaraan listrik dengan jarak tempuh 1 hingga 3 km dan kondisi jalan yang sama. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisa menggunakan metode analisa uji-T berpasangan.

Hasil penelitian menunjukkan pengujian yang dilakukan, alat monitoring energi baterai dapat bekerja dengan baik yang ditunjukkan dengan pembacaan nilai energi baterai memiliki perbedaan nilai yang tidak signifikan dengan alat pengukur pita yaitu DC Wattmeter. Hasil analisa menunjukkan nilai P Value (0,15) lebih besar dari 0,05 sehingga hipotesis menyatakan H0 diterima atau tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pembacaan nilai energi baterai antara alat monitoring energi baterai berbasis Internet of Things (IoT) dengan DC Wattmeter. Persentase error rata-rata maksimal yaitu 1,69 % .

 

Kata Kunci: Internet of Things (IoT), Kendaraan Listrik, Monitoring

Downloads

Published

28-05-2024

How to Cite

Wibowo, T. B. (2024). DEVELOPMENT OF MONITORING TOOL SYSTEM FOR ELECTRIC VEHICLE BATTERY ENERGY BASED ON INTERNET OF THINGS: PENGEMBANGAN SISTEM ALAT MONITORING ENERGI BATERAI KENDARAAN LISTRIK BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Jurnal Teknik Mesin, 3(1), 262–268. https://doi.org/10.33795/j-meeg.v3i1.3825