STUDI EKSPERIMEN TEMPERATUR, DAYA DAN WAKTU PADA PEMANAS MESIN ROASTING KOPI OTOMATIS BERKAPASITAS 5 KG

Authors

  • Maulana Junianto Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.33795/jmeeg.v1i2.394

Keywords:

Kata kunci: Band Heater; Mesin Roasting Kopi; Temperature

Abstract

Mesin roasting kopi merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk menyangrai biji kopi agar matang. Prinsip kerja mesin ini adalah biji kopi dipanaskan dalam ruang sangrai yang berputar dengan suhu yang telah ditentukan, sehingga pemanasan bisa merata. Proses mesin roasting biji kopi dapat dilakukan pengaturan temperature, yang mana elemen pemanas alat menggunakan komponen Band Heater. Band Heater berbentuk seperti tabung dengan fungsi sebagai pemanas untuk memanaskan silinder dengan ukuran tertentu yang mempunyai kelebihan antara lain adalah suhu operasi tinggi, pemanasan cepat, efisiensi panas tinggi, ramah lingkungan, bahkan dan pemanasan akurat, dapat mengatur sistem kontrol otomatis.

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancang bangun mesin roasting kopi yang terkendali menggunakan sistem pemanas elektrik tipe band heater dengan kapasitas 5 kg serta mengetahui pengontrolan temperature PID Rex-C100 pada mesin roasting kopi berkapasitas 5 kg. Penelitian ini menunjukkan  kenaikan temperature tiap 10 menit selama proses roasting, grafik selisih temperature tiap 10 menit selama proses roasting, data hasil pengukuran suhu sistem pemanas, grafik hubungan antara temperature band heater terhadap aliran panas, perbandingan temperature band heater dengan ruang roasting, dan grafik daya yang dibutuhkan band heater.

Downloads

Published

15-11-2022

How to Cite

Maulana Junianto. (2022). STUDI EKSPERIMEN TEMPERATUR, DAYA DAN WAKTU PADA PEMANAS MESIN ROASTING KOPI OTOMATIS BERKAPASITAS 5 KG. Jurnal Teknik Mesin, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.33795/jmeeg.v1i2.394