Analisis Strategi Penjurubahasaan Konsekutif dalam Rekaman Latihan “Conferences Night at an Elementary School”

Authors

  • Antoinette Wilhemina Ather Universitas Brawijaya

Keywords:

Strategi Penjurubahasaan, Penjurubahasaan Konsekutif, Role Play

Abstract

Setelah peserta didik mendapatkan materi terkait penjurubahasaan, analisis teks, pembelajaran mengenai strategi penerjemahan, dan penjelasan mengenai penjurubahasaan konsekutif dan simultan seperti yang disampaikan oleh Russell, Shaw, dan Malcolm (2010, dalam Herring dan Swabey 2017), dosen melibatkan seluruh mahasiswa secara bergantian untuk melakukan role play. Role play disampaikan oleh Beard dan Wilson (2013, dalam Herring dan Swabey 2017) sebagai bentuk pembelajaran lewat pengalaman yang dapat membantu pemecahan masalah dan membuat peserta didik menjadi lebih menyadari serta memahami hal yang sedang dipelajari. Pada latihan role play yang telah dilakukan, menggunakan teks berjudul “Conferences Night at an Elementary School” dari modul yang disusun oleh dosen. File rekaman latihan tersebut dibuat transkrip kemudian dianalisis untuk mengetahui jenis strategi penjurubahasaan konsekutif yang digunakan dan mengetahui tingkat efektivitas strategi penerjemahan yang digunakan. Transkrip rekaman memiliki 27 data bahasa sumber dan bahasa sasaran dari hasil analisis ditemukan bahwa sebagian besar data tuturan bahasa sumber sudah tersampaikan dengan baik ke dalam tuturan bahasa sasaran, namun beberapa data tidak berhasil memiliki hasil yang maksimal dalam penyampaiannya.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles