Grammatical drill: menggunakan tenses untuk membantu meningkatkan kemampuan membuat kalimat bahasa Inggris

Authors

  • Sigit Budisantoso Politeknik Negeri Malang

Keywords:

classroom action research, grammatical drill, preliminary study, tenses, siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat mahasiswa bisa membuat kalimat-kalimat Bahasa Inggris dengan fungsi tenses yang benar. Kalimat-kalimat yang dibuat oleh mahasiswa tidak terkait dengan persiapan mereka untuk mengahadapi ujian Tugas Akhir (TA), Ujian Skripsi mereka ataupun sebuah komposisi (novel, cerita pendek, dll). Kalimat-kalimat yang mereka buat akan berkaitan dengan percakapan sehari-hari yang akan berguna bagi para mahasiswa sebelum mereka menghadapi wawancara pekerjaan maupun dalam berkomunikasi dengan rekan kerja. Ini adalah Collaborative Classroom Action Research. Grammatical Drill adalah metode pembelajaran untuk membuat kalimat Bahasa Inggris dengan penekanan pada pengulangan-pengulangan fungsi tenses dan pola kalimat yang digunakan oleh masing-masing tenses. Fungsi dan pola kalimat diberikan dan dijelaskan terlebih dahulu kepada mahasiswa. Setelah fungsi dan pola dipahami okeh mahasiswa, latihan-latihan diberikan. Latihan-latihan diberikan dalam bentuk kalimat-kalimat Bahasa Indonesia berdasarkan fungsi tenses dan grammar yang sudah dibahas sebelumnya. Dari pengulangan-pengulangan tersebut diharapkan mahasiswa akan bisa memahami dan menggunakan fungsi grammar dan pola kalimat yang sudah dibahas sebelumnya. Metode pembelajaran ini difokuskan pada pengembangan keahlian mahasiswa untuk membuat kalimat berdasarkan fungsi tenses. Data yang diperlukan untuk penelitian ini dikumpulkan dari porto folio pekerjaan mahasiswa, hasil dari preliminary study, dan rekaman hasil kemajuan mahasiswa (progress report) dalam tiga siklus. Rekaman hasil pekerjaan mahasiswa mulai dari preliminary study, sampai siklus ketiga kemudian dibandingkan. Tujuan pembandingan adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran yang diusulkan oleh peneliti efektif atau tidak.

Downloads

Published

2018-11-30

Issue

Section

Articles