Teori belajar kognitif dan aplikasinya dalam pembelajaran bahasa
Keywords:
teori belajar kognitif, proses belajar mengajar, kegiatan belajar, ranah cipta, ranah rasa, ranah karsaAbstract
Artikel ini membahas perihal teori belajar kognitif dan penerapannya yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Artikel ini menguji beberapa teori pembelajaran yang berkembang dalam rangka memaksimalkan pembelajaran seperti teori behaviorisme, konstruktivisme dan kognitivisme. Kegiatan belajar selalu terkait dengan unsur psikis bagi subjek yang melaksanakannya. Beberapa deskripsi tentang teori kognitif di antaranya adalah perolehan, penataan dan penggunaan pengetahuan setiap perilaku mental yang berkaitan dengan pemahaman, pertimbangan, pengolahan informasi, pemecahan masalah, kesenjangan dan keyakinan. Utamanya, penyampaian materi dalam proses belajar mengajar dalam pandangan teori kognitif adalah bagaimana membuat ranah cipta seorang siswa dapat berkembang dan berfungsi secara optimal. Ranah cipta ini merupakan ranah dominan dalam kejiwaan yang berpusat di otak dan mengendalikan ranah rasa dan ranah karsa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2011 Jurnal Linguistik Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.