Main Article Content

Abstract

Dalam pembangunan gedung perlu direncanakan sebuah perencanaan dalam hal struktur, arsitektur, dan mechanical electrical and plumbing (MEP) bertujuan agar pembangunan pada gedung berjalan sesuai dengan rencana dan kebutuhan. Tujuan dari skripsi ini yaitu untuk merancang instalasi air bersih dan air kotor, merancang Ground Water Tank, Roof Tank, serta merancang kebutuhan pompa, dan menghitung biaya konstruksi untuk pekerjaan plumbing. Data yang dibutuhkan adalah data shop drawing serta HSPK DKI Jakarta Tahun 2022. Penentuan kebutuhan air bersih menggunakan metode jumlah pemakai. Dalam perencanaan dimensi pipa air kotor dan air bekas menggunakan metode unit beban alat plmabing. Dari hasil perencanaan ini diperoleh jumlah penghuni gedung sebanyak 1546 orang, dengan kebutuhan air bersih sebesar 148,3975 m3/hari, volume air kotor yang dihasilkan sebesar 44,462 m3/hari, dan volume air bekas sebesar 60,3 m3/hari. Dimensi pipa air bersih dengan diameter 1 ½” – 3”, pipa air kotor dengan diameter rentang 1 ¼” – 3”, pipa air kotor dengan diameter rentang 1 ¼” – 2”, kapasitas Ground Water Tank sebesar 60 m3, dan kapasitas Roof Water Tank sebesar 50 m3, dengan besar anggaran biaya untuk instalasi air bersih dan air kotor sebesar Rp. 1.180.100.000,-

Keywords

instalasi pipa kebutuhan air bersih dan air kotor anggaran biaya

Article Details

References

  1. Hermansyah, M. R., Pratama. Y., dkk. 2016. Perencanaan Sistem Instalasi Plambing Air Buangan Gedung Park View, Hotel dan Restoran. Jurnal Teknik Lingkungan. 4 (1)
  2. Indonesia, S. N. 2013. Beban minimum untuk perancangan bangunan gedung dan struktur lain. Badan Standarisasi Nasional. Bandung.
  3. Indonesia, S. N. 2015. Sistem plambing pada bangunan gedung. Pandu Bangun Persada Nusantara. 2020. Jurnal Harga Satuan Bahan Bangunan Konstruksi dan Interior.
  4. Pynkyawati, T., & Wahadamaputera, S. 2015. Utilitas Bangunan Modul Plumbing. Griya Kreasi. Jakarta
  5. Pynkywati, T., & Wahadamaputera, S. 2015. Utilitas Bangunan Modul Plumbing Griya Kreasi. Jakarta.
  6. Simangsunsong, Sergius dan Daryanto. 2003. Teknologi Plambing, Banyumedia Publisising. Malang.
  7. Soufyan Moh. Noerbambang & Takeo Morimura. 2005. Perancangan dan Pemeliharaan Sistem Plambing. Jakarta
  8. Supriyanto, S. ST., M. Si,. 2020. Perencanaan Instalasi Air Bersih Gedung Bertingkat. Surabaya
  9. Supriyanto, S. ST., M. Si,. 2020. Perencanaan Instalasi Air Buangan pada Bangunan Gedung. Surabaya.