Main Article Content

Abstract

Pembangunan Office Proyek One Capital Surabaya merupakan proyek super blok milik PT. Trisakti Makmur dengan penyedia jasa PT. Total Bangun Persada. Project Planning diperlukan alternatif untuk merencanakan strategi dan metode implementasi yang tepat guna menyelesaikan proyek dari segi waktu, biaya, dan Mutu oleh karena itu perlu dikembangkan perencanaan proyek yang meliputi (1) penyusunan struktur organisasi, (2) perencanaan site layout dan traffic management, (3) strategi dan metode pelaksanaan, (4) rencana mutu, (5) rencana keselamatan kerja, (6) penjadwalan proyek, (7) estimasi biaya. Data yang diperlukan dalam penyusunan perencanaan proyek adalah detail engineering drawing, rencana kerja dan persyaratan, daftar harga satuan di Surabaya. Jadwal kerja disusun menggunakan program Microsoft Project 2019 dan biaya proyek menggunakan program Microsoft Excel 2019. Hasil yang diperoleh adalah: (1) struktur organisasi mengginakan struktur organisasi fungsional, (2) site layout dan traffic management yang digunakan alternatif 1, (3) menggunakan strategi zoning dengan membagi menjadi 4 zona dan metode buttom up, (4) rencana mutu, pengendalian berdasarkan rencana, inspeksi, dan target yang ingin dicapai dengan spesifikasi teknik. (5) rencana keselamatan kerja, dengan membuat program keselamatan kerja untuk mengidentifikasi bahaya dan mengendalikan risiko. (6) pelaksanaan proyek dilakukan dalam waktu 480 hari kerja, (7) menghasilkan perhitungan anggaran biaya pelaksanaan sebesar Rp. 137.179,779,995.82.

Keywords

Project Planning Zoning Buttom Up One Capital Surabaya

Article Details

References

  1. Husen, A. Manajemen Proyek (Perencanan, Penjadwalan, & Pengendalian Proyek): Vol. edisi revi (Issue manajemen proyek). Yogyakarta: Andi (2011).
  2. Suharto, Imam. Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional). Jakarta: Erlangga (1999)
  3. Aziz A, Pinem dkk. Manajemen Proyek. Bandung: Widina Bhakti Persada (2013).
  4. Lis, K dkk. Manajemen Proyek. Yogyakarta: Cendekia Mulia Mandiri (2022),
  5. Widiasanti, Irika., & Lenggogeni. Manajemen Konstruksi. Jarkarta: PT. Remaja Rosdakarya Offet (2013).
  6. S Wulfram I, E. Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi (2006).
  7. OHSAS 18001:2007, Occupational Health and Safety Manajemen System - Guideline For The Implementation of OHSAS 18001..