Main Article Content

Abstract

Pemakaian material di lapangan seringkali menimbulkan sisa material yang cukup besar sehingga perlunya usaha dalam meminimalisir sisa material konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sisa material konstruksi serta faktor penyebab terjadinya sisa material konstruksi yang terjadi pada Proyek Pembangunan Gedung Apartemen The Newton 2. Metode pada penelitian ini menggunakan dua metode, metode parameter waste dan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan material yang paling berpengaruh terhadap waste cost adalah beton ready mix dengan total kerugian sebesar Rp160.799.736,- (seratus enam puluh juta tujuh ratus sembilan puluh sembilan ribu tujuh ratus tiga puluh enam rupiah) dimana nilai tersebut setara dengan waste level sebesar 1,37%, yang disebabkan oleh faktor kesalahan pelaksanaan yang diakibatkan oleh tenaga kerja. Upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi hal tersebut adalah melakukan evaluasi terhadap jumlah sisa material yang dihasilkan ketika proyek telah selesai dengan mengidentifikasi penyebab terjadinya sisa material serta melakukan pengawasan yang ketat, dan melakukan penerapan reuse dengan menggunakan kembali sisa material beton ready mix menjadi urugan, decking beton, dan car stopper. Pemanfaatan sisa material yang memiliki nilai jual dapat diperjualkanbelikan kembali dengan keuntungan sebesar Rp 229.095.241,- (dua ratus dua puluh sembilan juta sembilan puluh lima ribu dua ratus empat puluh satu rupiah) meliputi besi beton/tulangan, beton ready mix, bata ringan. Sehingga, diharapkan lingkungan dapat terjaga dengan baik serta mengurangi peningkatan biaya.

Keywords

Sisa Material Konstruksi Waste Cost Beton Ready Mix Besi Beton/Tulangan

Article Details

References

  1. Handayani, J. T., & Angreni, I. A. A. (2020). Analisis Potensi Pemborosan Material dan Solusi Penanganannya pada Proyek Pembangunan Gedung Bertingkat (Studi Kasus : Proyek Gedung Bertingkat di Tangerang Selatan). Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 273. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.9
  2. Intan, S., Alifen, R. S., & Arijanto, L. (2005). Analisa Dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi : Civil Engineering Dimension, 7(1), 36–45.
  3. Lestari Dewi, N. M. P. (2021). Analisis Sisa Material Konstruksi dan Penanganannya pada Proyek Pembangunan Gedung IRD dan Lanjutan Tahap 2 Rumah Sakit Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali. Prosiding Seminar Nasional Ketekniksipilan Bidang Vokasional IX.
  4. Mahapatni, I. A. P. S., & Juliana, I. K. I. (2022). Analisis Waste Level Dan Waste Cost Bekisting Dan Pembesian Pada Pekerjaan Struktur Proyek Konstruksi. Widya Teknik, 17(01), 74–82. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v17i01.2977
  5. Muammar, V. S. C. M. (2018). Evaluasi Sisa Material Pada Proyek Gedung Pendidikan dan Laborator