Main Article Content

Abstract

Jalan Raya Kebon Agung - Jalan Raya Pepen Kabupaten Malang yang memiliki panjang 7 km merupakan jalan nasional arteri primer yang memiliki pelayanan jalan yang menurun. Hal itu akibat dari bertambahnya volume kendaraan dan adanya kerusakan jalan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan jalan dan menentukan perawatannya. Data primer yang digunakan adalah hasil kerusakan jalan, sedangkan data sekundernya  berupa jumlah lalu lintas harian rata-rata. Data-data tersebut diolah menggunakan metode Surface Distress Index (SDI) dan International Roughness Index (IRI) sehingga diketahui jenis dan tingkat kerusakan jalan. Hasil survei kerusakan berupa lubang, retak memanjang, retak melintang, retak blok, dan retak buaya dengan persentase kondisi jalan 40% dalam kondisi baik, 47% dalam kondisi sedang, 13% dalam kondisi buruk. Jenis peenanganan yang digunakan adalah pekerjaan penambalan, pekerjaan lapis tipis aspal pasir, dan pekerjaan pengisian retak dengan crack sealing.

Keywords

kerusakan jalan, surface distress index, international rughness index

Article Details

References

  1. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Direktorat Jenderal Bina Marga (2017) ‘Manual Desain’, (02).
  2. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2011) ‘Buku Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Propinsi, Jilid I: Metode Survei (No: 001-01/M/BM/2011).’, (001).
  3. Sheyhiya, Mehita. (2023) 'Analisis Kerusakan Jalan Raya Kebon Agung - Jalan Raya Pepen Menggunakan Metode Surface Distress Index (SDI)' (Skripsi, Program Studi D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi, Politeknik Negeri Malang).
  4. Tho’atin, U., Setyawan, A., & Suprapto, M. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (Iri), Surface Distress Index (Sdi) Dan Pavement Condition Index (Pci) Untuk Penilaian Kondisi Jalan
  5. Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Semnastek.
  6. Undang-Udang Jalan No 38 Tahun 2004
  7. Y Yastawan, I. N., Wedagama, D. M. P., & Ariawan, I. M. A. (2021). Penilaian Kondisi Jalan Menggunakan Metode SDI (Surface Distress Index) Dan Inventarisasi Dalam GIS (Geographic Information System) Di Kabupaten Klungkung. Jurnal Spektran, 9(2), 181.