Main Article Content

Abstract

Pekerjaan bekisting penggunaan kayu tergolong tinggi, hal ini karena kayu bersifat sekali pakai. Hal ini sangat berpengaruh pada biaya dan waktu. Saat ini galvalum sering digunakan dalam bekisting sebagai bahan alternatif untuk menggantikan kayu. Tujuan dari perencanaan ini untuk mengetahui kekuatan dari bekisting semi konvensional, penjadwalan, dan biaya operasional proyek Mall Lagoon Avenue Sungkono dengan 8 lantai dari total 10 lantai dengan luasan 60.170,8 m2. Data yang digunakan meliputi gambar kerja dan harga satuan pekerjaan Kota Surabaya tahun 2018. Untuk penjadwalan mengunakan bantuan Microsoft Project 2016 dan Microsoft Excel 2016 untuk perhitungan biaya pelaksanaan. Pada pekerjaan bekisting balok dan plat dengan metode semi konvensional dari lantai basement 2 sampai lantai 4 membutuhkan waktu 161 hari dan total biaya sebesar Rp. 8.650.189.197.

Keywords

Keywords: conventional semi formwork, cost, hollow beam, planning, scheduling.

Article Details

References

  1. Acuan (bekisting) adalah suatu sarana pembantu struktur beton untuk pencetak beton sesuai dengan ukuran, bentuk, rupa ataupun posisi yang direncanakan. Karena bersifat sementara, bekisting akan dilepas atau dibongkar setelah beton mencapai kekuatan yang cukup. Acuan sendiri memiliki arti bagian dari konstruksi bekisting yang berfungsi sebagai pembentuk beton yang diinginkan atau bagian yang kontak langsung dengan beton. Perancah memiliki arti sebagai bagian dari konstruksi bekisting yang berfungsi menahan beban–beban yang ada di atasnya yang bekerja pada saat pengecoran, baik beban vertikal maupun beban horizontal.
  2. Bekisting merupakan suatu struktur sementara dengan tujuan untuk mendukung dan melindungi beton segar sampai dapat mendukung diri sendiri. Sehingga bentuk, ukuran beton, posisi dan letak bangun sesuai dengan yang diinginkan (Hanna, 1999). McCormac, (2004) berpendapat bahwa bekisting beton adalah cetakan yang ke dalamnya berisikan beton semi-cair. Cetakan ini harus cukup kuat untuk menahan beton dalam ukuran dan bentuk yang diinginkan hingga beton tersebut mengeras.