Main Article Content

Abstract

Akademi Komunitas Negeri Putera Sang Fajar, terletak di Kota Blitar, Jawa Timur, memiliki potensi gempa yang cukup tinggi. Perlu adanya desain struktur yang kuat khususnya pada kolom untuk mencegah kerusakan akibat gempa. Kolom merupakan elemen struktural utama yang menopang beban vertikal bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP) sebagai alternatif tulangan konvensional untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja struktur kolom gedung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan GFRP terhadap perkuatan struktur. Metodologi penelitian melibatkan perbandingan antara perencanaan konvensional dan penerapan GFRP pada struktur kolom. Langkah-langkah perencanaan mencakup analisis beban struktural, pemodelan menggunakan aplikasi, evaluasi keandalan struktur dalam situasi gempa dengan memperhatikan aspek keamanan dan kinerja structural, serta analisis biaya penggunaan GFRP. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan GFRP sebagai pengganti tulangan konvensional dapat secara signifikan meningkatkan kapasitas beban dan kekuatan struktur kolom dan memiliki harga biaya sebesar pada kolom K1 : Rp 117.223.672,86  dan Pekerjaan Kolom K2 : Rp 204.239.013,09. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP) adalah alternatif yang efektif dalam memperkuat struktur kolom gedung laboratorium. Meskipun biayanya lebih tinggi daripada tulangan baja, penggunaan GFRP dapat membuka potensi inovasi dalam desain struktur bangunan masa depan. Ini adalah langkah positif menuju peningkatan keandalan dan kinerja struktural bangunan di daerah dengan potensi gempa seperti Kota Blitar, Jawa Timur.

Keywords

Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP), struktur kolom, perencanaan ulang

Article Details

References

  1. Jain Ravi, Luke Lee. Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP) Composite for Infrastructure Application. Stockton. USA.
  2. ACI 440.1R-15. Guide for the Design and Construction of Structural Concrete Reinforced with Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP) Bars. American Concrete Institute. USA.
  3. Nanni A. 2014. A Reinforced Concrete with GFRP Bars Mechanic and Design. CRC Press Taylor and Francis Group. New York. USA.
  4. Rifliansyah, Wildan Pramadistya. Tavio, Data iranata. 2022. Jurnal Teknik ITS. Studi Penggunaan Tulangan Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP) Sebagai Subtitusi Tulangan Baja Konvensional pada Model Bangunan Gedung Lantai 8. Vol. 11. No. 2.
  5. Firmansyah, Muhammad Farhan. Tavio. Harun Al Rasyid. 2022. Jurnal Teknik ITS. Kajian Perkuatan Struktur Rumah Sakit RKZ Surabaya Menggunakan Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP) Sheet. Vol. 11. No. 3.
  6. SNI 1726:2019, Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung. cSNI 2847:2019, Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung.
  7. SNI 1727:2020, Beban Minimum Untuk Perencanaan Bangunan Gedung dan Struktur lain.
  8. SNI 8970:2021, Panduan Perencanaan dan Pelaksanaan Beton Struktural Bertulang Batang Serat Berpolimer.
  9. SNI 8900:2020, Paduan Desain Sederhana untuk Bangunan Beton Bertulang Setiawan, Agus. 2016. Perencanaan Struktur Beton Bertulang berdasarkan SNI 2847: 2013. Erlangga. Jakarta.